Pemanfaat Kearifan Pangan Lokal Ubi Ungu

Nanda Nur Sofyana, Sri Yanna, Fatimah Zuhra, Dian Eriani, Agustin Nurhayati, Imam Malik, Irne Aryanie, Muslim Khadri

Abstract


Pemanfaatan pangan lokal menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi pembuatan mie ini. Saat beberapa tahun lalu peerintah mempopulerkan trend Kearifan Pangan Lokal sekitar 4 tahun lalu, ide-ide segar dalam pemanfaatan bahan-bahan asli Indonesia semakinbanyak. Salah satunya adalah membuat mie dari tepung non terigu tersebut.Alasannya sederhana, karena meski bukan merupakan makanan khas Indonesia, mie sudah menjadi bagian dari santapan harian masyarakat kita. Melalui salah satunya, Departemen Pertanian dibawah naungan Dinas Ketahanan Pangan pemerintah melakukan serangkaian penelitian dan sosialisasi pemanfaatan tepung non-terigu.Namun sayangnya, tekstur dan warna mie yang dihasilkan tidak sebaik mie dari terigu. Karakteristik mie yang kenyal, elastis, dan tidak mudah putus, belum bisa tergantikan 100 persen dengan tepung lain. Tapi, kenapa tidak mencobanya?Dan oleh karena itulah, kami Dosen UNIKI Ingin memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu bahwa pengolahan  pembuat mie ubi jalar ungu.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA

Ambarsari,I, Sarjana, dan A. Choliq..2009. rekomendasi dalam penetapan standard mutu - tepung ubi jalar . Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP),Jawa Tengah, Bukit Tegalepek kotak Pos 101, Sidimulyo-Unggaran

Apriyantono. 2004. Pengolahan Berbagai Makanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Astawan, M., dan S. Widowati. 2005. Evaluasi mutu gizi dan indeks glikemik ubi jalar sebagai dasar pengembangan pangan fungsional. Laporan Hasil Penelitian Rusnas Diversifikasi Pangan Pokok. IPB. Bogor.

BPS. Badan Pusat Statisik. 2016. Tabel luas panen produktivitas produksi tanaman ubi jalar seluruh provinsi. Diunduh tanggal 8 Januari 2018 http://www.bps.go.id/tnm.

Desroier. 2008. Teknologi Pengawetan Pangan. Diterjemahkan oleh Muljoharjo.UI-Press. Jakarta. 614 Hlm.

Hasim,A dan M.Yusuf. 2008. Ubi jalar kaya antosianin.Pilihan Pangan Sehat. Sinar Tani Edisi 20 – 26 Agustus 2008.

Muschtadi. 1992. Enzim dalam pangan. Depdikbud.Dikti, Pusat Antar Universitas, Pangan dan Gizi, IPB Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v3i1.3729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.