Pelatihan Pengembangan Media Alat Peraga Visual Matematika Materi Kubus Dan Balok Di Sma Negeri 2 Rantau Utara

Laili Habibah Pasaribu, Nurlina Ariani Hrp, Amin Harahap, Islamiani Sahfitri, Hasan Hasan, Dede Apriani

Abstract


Pendidikan merupakan suatu investasi jangka panjang yang memerlukan  usaha dan dana yang cukup besar. Pendidikan juga menjadi sarana utama yang perlu di kelola secara sistematis dan konsisten berdasarkan berbagai pandangan teori dan praktik yang berkembang dalam kehidupan. Pendidikan juga memiliki pengertian yaitu, Pendidikan berasal dari kata dasar didik ,mendapatkan awalan pe- dan sisipan huruf –n- dan ditambah akhiran –an. Pendidikan telah didefinisikan secara berbeda-beda oleh para pakar. Pemikiran mereka banyak di pengaruhi oleh pandangan dunia masing-masing dalam Murtopo (2016:7-8). Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengetahuin tentang pengaruh media alat peraga visual terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan di SMA Negeri 2 Rantau Utaradengan materi kubus dan balok di kelas VIII.Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode eksperimen.Subjek peneliti dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan control sebagai populasi dari seluruh siswa SMA Negeri 2 Rantau Utaradengan sampel kelas VIII A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 40 siswa sebagai kelas control. Intrumen yang digunakan berupa soal uraian. “ Nilai sig ( 2-tailet) sebesar 0,281 ˃ 0,05 maka sebagaimana besar pengambilan keputusan dalam uji indenpendent  sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho  diterima dan Ha ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai berfikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kontrolâ€.


Full Text:

PDF

References


Ali Murtopo, 2016 .Filsafat pendidikan islam, cet. Ke-1, (palembang : Noerfikri Offset, )

Arsyad, azhar.2015 .Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Barhanuddin Hekmanyar .2016.pengaruh penggunaan Media pembelajar Tiga Dimensi terhadap hasil belajar siswa dalam pembeajaran geografi pada materi vulkanologidan sample dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah siswa X sma N 1 tarumajaya tahun ajaran 2014/2015.Uin.Jakarta

Bunga Kancil ,Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Kreatif https://kancielcommunity.blogspot.com/2013/10/faktor-yang-mempengaruhi-berpikir_12.html.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.