Pendampingan Guru Dalam Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Nur Ibrahimy

Indah Fitria Rahma, Sakinah Ubudiyah Siregar, Eva Julyanti, Lily Rohanita Hasibuan, Hari Mansah, Dede Apriani

Abstract


Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar adalah hasil belajar yangdiperoleh siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melihat pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MAS Nur Ibrahimy. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat asosiatif kausal, sekaligus merupakan Pengabdian kepada Masyarakat populasi. Populasi dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah seluruh siswa MAS Nur Ibrahimy sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah analisi jalur (Path) dengan program SPSS versi 20. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukan bahwa: (1) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MAS Nur Ibrahimy. (2) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MAS Nur Ibrahimy. (3) secaralangsung Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematikaMAS Nur Ibrahimy. (4) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematikaMAS Nur Ibrahimy.


Full Text:

PDF

References


Husna, asmaul, 2017, Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat dan Statistika, KKRI.

Sugiyono, 2012, Statistika untuk Pengabdian kepada Masyarakat, Bandung, Alfabeta.

Lestari. Fenti. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. UNY. 2016.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.