Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stary (TS-TS) Untuk Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Rantau Selatan

Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Rohanita Hasibuan, Eva Julyanti, Fani Rosanti, Rukiah Rukiah, Yossi Lucky

Abstract


Keadaan yang melatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa tercermin dari sistem pembelajarannya masih konvensional dan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Untuk menindaklanjuti masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two-Stray (TS/TS), Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas yang memakai model pembelajaran konvensional dengan kelas yang memakai model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) di SMA Negeri 1 Rantau Selatan pada materi segiempat dan segitiga. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Pengabdian kepada Masyarakat dengan bentuk pelatihan dan penerapan, populasi Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri dari dua kelas, satu kelas eksperimen berjumlah 31 dan satu kelas sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa yang akan dijadikan kelas penerapan setelah dilakukan pelatihan dengan guru. Penerapan pendampinangn Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yang terdiri dari data pretest dan protest. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, dari Pengabdian kepada Masyarakat ini diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay-Two Stray lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Hendriana & Soemarmo 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sunarmi & Kartono. “Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMP pada model pembelajaran TSTS dengan pendekatan scientificâ€. UnnesJournal of MathematicsEducation, Vol. 4. No. 2:129. 2015.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.