Pelatihan Penerapan Metode Open-Ended Untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP Negeri 1 Kotapinang
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan metode Open-Ended; (2) untuk mengetahui proses jawaban siswa menggunakan metode open ended dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat  mengungkapkan bahwa rata-rata siswa yang di ajarkan menggunakan metode open ended lebih meningkat dibandingkan siswa yang di ajarkan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian metode open ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa (thitung = 26,6> t¬tabel = 5,01). Hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep di kelas eksperimen yang di ajarkan menggunakan open ended sebesar 93% tergolong kategori tinggi. sedangkan siswa yang di ajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional signifikansi sebesar 73% tergolong kategori sedang. (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang di ajarkan menggunakan metode Open ended lebih baik daripada siswa yang di ajarkan menggunakan metode konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Domili, Yolis U. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Melalui Metode Penemuan pada Siswa Kelas V SDN 1 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatanâ€. Diakses pada tangga 29 Oktober 2014. (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/article/viewFile/3991/3967).
Khalistin A, Risky. 2013. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended untuk meningkatkan Pemahaman Siswaâ€. Diakses pada tanggal 18 April 2017 ( Universitas Negeri Malang).
Munira. 2014. “Kemampuan Komunikasi dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended) Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabelâ€. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 (STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa).
Patih, Arapu L dan Lambertus. 2013. Penerapan Pendekatan Open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Diakses pada tanggal 11 April 2017 (FKIP Universitas Haluoleo).
Prasetyo D, Anselmus. 2016. “Penerapan model pembelajaran soal terbuka (Open Ended)â€. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 (FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).
Rahayu, Yulli. 2013. “Pendekatan Open Ended dalam pemahaman konsep dan penalaran matematika siswaâ€. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Saputra P, Aluysius. 2009. “Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui pendekatan PMR Pokok Bahasan SPLDVâ€. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 (FKIP Universitas Negeri Semarang).
Wulandari, Oktaviany. 2014. “Efektivitas Pendekatan Open Ended terhadap kemampuan Pemecahan Masalahâ€. Diakses pada tanggal 25 April 2017 (UIN Raden Fatah Palembang).
DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.