Pelatihan Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa MTS Al-Huda Desa Bandar Kumbul

Lily Rohanita Hasibuan, Indah Fitria Rahma, Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Dina Magriani Nasution, Anggi Ananda Sari Nst

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan pada bulan September tahun 2019, yang berlokasi di MTs Al-Huda Bandar Kumbul Kabupaten Labuhan batu. Sasaran pengmas adalah Siswa Mts Al-Huda Lokasi Bandar Kumbul dengan jumlah peserta 27 siswa. Bentuk pengmas yang telah dilakukan berupa pelatihan pengembangan alat peraga pembelajaran matematika  untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa MTs Al-Huda di desa Bandar Kumbul. BesarharapanKepalaSekolah MTs Al-Huda pada tim pengmas untuk dapat terus bekerja sama dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar matematika dalam menggunakan alat peraga matematika di MTs Al-Huda Bandar Kumbul. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dalam bentuk pembekalan materi, demonstrasi Alat Peraga, Praktek   menggunakan alat peraga oleh siswa MTs Al-Huda. Tempat pelatihan dilaksanakan di kelas VII dan kegiatan praktik sosialiasi alat peraga di sekolah MTs Al-Huda. Dari evaluasi yang dilakukan melaluiobservasi dan angketpelatihan didapatkanhasil peningkatan pengetahuan dan  aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga matematika siswa MTs Al-Huda Bandar Kumbul.


Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Ahmadi, Abu (1997). Strategi Belajar Menagajar (SBM). Bandung: CV Pustaka Setia.

Bahri Djamarah, Syaiful (20020. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar (2001). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Slameto (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Syah, Muhibbin (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakary.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.3864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.