Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Pembelajaran Aktif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM)

Nurlina Ariani Hrp, Laili Habibah Pasaribu, Amin Harahap, Islamiani Sahfitri, Hotna Sarida Harahap, Tata Suhita Pramesty

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada guru-guru di SMA Muhammadiyah 10 tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis metode pembelajaran aktif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Pengabdian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 10 Rantaupraapt. Pengabdian ini merupakan suatu kegiatan dengan pengembangan (Development). Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan adalah lembar observasi dan penilaian diri yang disusun oleh tim kegiatan.. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji analisis data  Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil kegiatan yaitu: (1) peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran, (2) peningkatan motivasi guru dalam mengajar menggunakan perangkat pembelajaran PAKEM. Tindak lanjut pengabdian merekomendasikan model pembelajaran PAKEM dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah untuk mencapai kompetensi siswa Aktif, Efektif dan Menyenangkan.


Full Text:

PDF

References


Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran.Semarang: UPT MKK. Universitas Negeri Semarang.

Aisyah. (2007). Pendidikan Matematika di SD. Jakarta: Depdiknas.

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara. Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara. Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Deo, Narsingh. (1974). â€Graph Theory With Application To Engineering And Com-puter Science. Prentice hall â€

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka.

Juliantara, Ketut. (2010). Media Audio-Visual (Slide Bersuara). [Online]. Tersedia: http://www.latifa-assauqi .

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, Utari. 2006. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Dikembangkan pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan FPMIPA UPI: Diterbitkan.

Undang – Undang Guru Nomor 14 Tahun 2005. Kebijakan Pendidikan Nasional. Indonesia.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Pasal 4 Ayat 5 tentang sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Wardhani. 2010. Pembelajaran Kemampuan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i2.3865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.