Pelatihan Dan Pendampingan Pembelajaran Daring Dengan Aplikasi Google Classroom Di MA Nur Ibrahimy

Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Rohanita Hasibuan, Damhuri Hasibuan, Hotna Sarida Harahap

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakan adalah untuk memahami tentang penggunaan aplikasi google classroom. Kita pahami bahwa permasalahan yang saat ini sedang dihadapi diseluruh dunia khususnya di Indonesia yaitu adanya pandemi COVID-19. Pada bidang pendidikan hal tersebut sangat berdampak terutama pada sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring sekarang berubah menjadi pembelajaran daring / jarak jauh. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom secara langsung kepada peserta pelatihan belajar. Pelaksanaan pelatihan dilakukan di sekolah MA Nur-Ibrahimi, peserta pelatihan Berjumlah 20 Orang, pelatihan dilaksanakan di bualan April 2020. Hasil dari pengabdian masyarakat ini dilihat dari pencapaian peserta yang hadir dan mampu menggunakan aplikasi google classroom sebesar 80%. Maka dapata dikategorikan bahwa pencapaian pelatihan pendampingan menggunakan aplikasi google classroom di sekolah MA Nur-Ibrahimy berhasil.


Full Text:

PDF

References


Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran.Semarang: UPT MKK. Universitas Negeri Semarang.

Aisyah. (2007). Pendidikan Matematika di SD. Jakarta: Depdiknas.

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara. Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Antonius Cahya Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara. Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Deo, Narsingh. (1974). â€Graph Theory With Application To Engineering And Com-puter Science. Prentice hall â€.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka.

Juliantara, Ketut. (2010). Media Audio-Visual (Slide Bersuara). [Online]. Tersedia: http://www.latifa-assauqi .

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sumarmo, Utari. 2006. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Dikembangkan pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan FPMIPA UPI: Diterbitkan.

Undang – Undang Guru Nomor 14 Tahun 2005. Kebijakan Pendidikan Nasional. Indonesia.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Pasal 4 Ayat 5 tentang sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Wardhani. 2010. Pembelajaran Kemampuan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i2.3866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.