Pendampingan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking Di MA An-Nuur

Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Roanita Hasibuan, Kartika Harahap, Uswatun Hasanah

Abstract


Pendidikan adalah penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelaian atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif (bergabung dengan sekolah biasa atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking pada kelas XI di MA An-Nuur, mengetahui bagaimana hasil kemampuan representasi matematis pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan pelatihan dan pendampingan, sampel untuk penerapan Pengabdian kepada Masyarakat adalah siswa MA An-Nuur dengan sampel kelas XI MA An-Nuur dengan kelas pendampingan XI IPA2 dan kelas kontrol XI IPA1, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ii adalah tes dan lembar observasi. Analisis yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah analisis kuantitatif yang dilakukan dengan perhitungan. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan visual kelas eksperimen adalah 7,275 sedangkan pada kelas kontrol adalah 7,1 dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking lebih tinggi dibandingkan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Afrianto, M. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Startegis Matematis Siswa SP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. E-Journal, 2017.

Agus, Triono. Analisis Kemampuaan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Tangerang Selatan. UIN. 2017.

Ariani, N (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dikelas VII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Pembelajaran 2016/2017, SIGMA ISSN 2460-539x. Vol3, No1. 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Pengabdian kepada Masyarakat Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Effendi, L.A.2015. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk meningkatkan Kemampuan Repesntasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan.

Endah Hardiyaningsih, Analisis Kemampuan Representasi Multiple Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2017.

Hendriana,Heris.(2015).Kemampuan Metaphorical Thinking Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional dan Lomba Media Pembelajaran Lubuk Linggau, tanggal 21-22 November 2015.

Husny Mubarak, M. Yacoeb Harun,Yassir. penerapan pendekatan metaphorical thinking untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa VIII mtsn 1 aceh besar. jurnal ilmiah pendidikan matematika al-qalasadi, 54-60. 2019.

Ika Wahyuni, dkk. pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Euclid, 377-525.2017.

Julyanti, E. (2019). Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa VIII SMP Negeri 3 Kampung Rakyat. JURNAL EDUSCIENCE. 5(2), 21-26,https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.930

Lieven Verschaffel et al, Use of Representation in Reasoning and Problem Solving, USA: Routledge. 2010.

NCTM. (2012). Principles and Standards for School Mathematics. Canada.

Nurhikmayati, L. pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa smp. jurnal theorems (The Original Research of mathematics), 21-34. 2016.

Setiawan. Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa. SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif, 208-216. 2016.

Surapranata, Sumarna. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.