Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Swasta Kemala Bhayangkari

Lily Rohanita Hasibuan, Indah Fitria Rahma, Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Marwah Nasution, Rukiah Rukiah

Abstract


Pendidikan merupakan dasar dari suatu peradaban bangsa. Pendidikan akan mencerminkan seberapa besar kemajuan dan perkembngan bangsa itu sendiri. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahuiBagaimanakah motivasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari yang pembelajarannya menggunakan model  quantum teaching, Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari yang pembelajarannya menggunakan model quantum teaching, Mengetahui ada pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan pelatihan dan penerapan, populasi Pengabdian kepada Masyarakat siswa SMA Swasta Kemala Bhayangkari dengan sampel kelas X SMA Swasta Kemala Bhayangkari dengan kelas penerapan X IPA dan kelas kontrol X IPS, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Analisis yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah uji prasyarat analisis. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa:dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test varians diperoleh data hasil thitung sebesar 2.905 dengan df  60, perbedaan mean = 8,258. Perbedaan standart error = 2,843, perbedaan prestasi belajar terendah = 2,572 dan perbedaan prestasi belajar tertinggi = 13,945. Sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-tailed) adalah 0,005. Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,005 < taraf nyata (a= 0,05) maka H0 ditolak, dan Ha diterima yang artinyaada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap prestasi belajar siswa di kelas X Ma An-Nur.


Full Text:

PDF

References


Amri Sofan. 2015. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta. Penerbit Prestasi Pustaka. hal. 106.

Asis Saefuddin, Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan Alwi dan Abdul Halim Fathani. 2012. Matematika Hakikat dan Logika, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Heruman, 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shoimin Aris. 2014. 68 Model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : ar-ruzz media.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.