Pelatihan Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Torgamba
Abstract
Pembelajaran model Student Teams Achievement Division mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa, pembelajaran jadi menyenangkan karena adanya penghargaan timyang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi limas kelas VIII SMP negeri 1 torgamba tahun 2021. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah pelatihan dan penerapan dengan sampel penerapan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruhnya 176 siswa. Didapat sampel untuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Untuk kelas VIII-4 sebagai kelas penerapan dengan jumlah 26 siswa yang diberi perlakuan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Data rata-rata pre-test kelas penerapan yaitu 57,692 dan rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 66,423 Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas penerapan sebesar 78,615 dan kelas kontrol sebesar 82,885. Pada kelas penerapan mengalami peningkatan sebesar 20,923 dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16,462. Dan untuk tingkat persentase keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari 5 aspek yang diamati dari setiap siswa. Aspek pertama, ketiga, keempat, kelima persentasenya < 50 % siswa yang melaksanakannya. Sedangkan aspek kedua persentasenya > 50 % siswa yang melaksanakannya.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Jakarta : Pt Rineka Cipta.
Coesami., N. D. (2015). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3. Nomor 5.
Effendi, R. ( 2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 2. Nomor 1.
Hrp, N. A. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Penemuan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Materi Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Torgamba. S I G M A . Volume 2. Nomor1.
Hrp, W. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Siswa Materi Logika Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Kelas X-2 SMA N 1 Torgamba. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms). Volume 5. Nomor 2.
Intan Saputri, E. S. N. D.( 2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas VIII Di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. Volume 3. Nomor 1.
Jonner, P. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Volume 4. Nomor 3.
Julyanti, E. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di Kelas VII SMP Swasta Torgamba . S I G M A Volume 2. Nomor 2.
DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.