Pendampingan Guru Dalam Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Di SMP N 3 Kualuh Selatan

Indah Fitria Rahma, Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Lily Rohanita Hasibuan, Hari Mansah, Dede Apriani

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX-4 SMP Negeri 3 Kualuh Selatan dengan penerapan model pembelajaran Example Non Example. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pendampingan dalam model pendampingan Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Partisipan adalah siswa kelas IX-4 SMP Negeri 3 Kualuh Selatan, sebanyak 35 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Example Non Example, observasi terhadap siswa dan guru, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi lengkung dikelas IX-4 SMP N 3 Kualuh Selatan yang terbukti adanya peningkatan hasil Pengabdian kepada Masyarakat pada setiap siklusnya. Peningkatan pemahaman konsep siswa dimana pada pra siklus dengan rata – rata kelas 53,21, persentase ketuntasan 42,85% mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata – rata kelas 80.54, persentase ketuntasan 80.3% dan pada siklus II dengan rata- rata kelas 86,11 persentase ketuntasan 86%. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa Pengabdian kepada Masyarakat tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan yaitu ketuntasan diatas 85%.


Full Text:

PDF

References


Asik belajar. Com / helen - adam – keler / akmapala 09. Blogspot .com / 2011 / 10 pengertian – pemahaman – menurut – para – ahli. Html

Arif harianto. Wordpress.com / 2013 / 04 / 03 kata – pengantar – proposal – ptk / eprints .umk. Ac .id / 1794 / 4 / BAB III. Pds.

Ejurnal upi. Edu / indeks. Php / Mimbardiksar / article / view / 7894. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Pembelajaran Example Non Example (konswara) C; / users / Notebook / downloads / mardi. Pdf. Jurnal Internasional.

Fatkhan. Web. Id / model – pembelajaran – examples – non – examples /. Google. Com / search ?safe = stric dan sxsrf = alekk 03 dm source = hp danei = swd wxozk fov D3 lu pi5CJ6AS dan q = indika. Tor + pemahaman.

Indonesia, 2018. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Matematika / kementrian pendidikan dan kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Gramedia. Idschool. Net / contoh – soal – bangun – ruang – sisi – lengkung – matematika – smp – 1/.

Jurnal Taman Vokasi. Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example. Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar – dasar Pemesinan – c; / users / notebook / download / 2866- 4398 -1- SM% - 2003 PDF.

Karya tulisku.com / 2017 / 10 / pengertian hasil belajar – dan jenis – jenis – hasil – belajar. Ht ml.

Kunnandar, 2008. Langkah Mudah Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Laode syamri. Net / 2015 / 01 / 02 / definisi – konsep - menurut para – ahli. Budi Utomo, Masduki Ichwan 2007. Matematika untuk SMP dan MTs Kelas IX. Pusat perbidiukuan departemen Pendidikan Nasional, PT. INTAN PARIWAR. Matematika ; Buku Guru 2018 / Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi Jakarta: Gramedia.

Mulyono Abdulrahman. 1996. Pemdidikan Bagi Anak BerkesuliatanBelajar. Jakarta ; Rineka Cipta

Ngalimu, S.P.d, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Banjar Masin Ngaglik. Slemen yogyakarta ; Aswaja Presindo. R. repository. Usd. Ac.id / 30886 / 2 / 121314041. Full .pdf.

Repository. UINSU. Ac. Id. / 3115 /1/ skripsi % 20 PDF. Pdf.

Sayekti, 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi fungsi komposisi melalui pembelajaran Example Non Example, Tulung Agung.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013. Yogyakarta; AR – RUZZ MEDIA.

Wina, Sanjaya 2006. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta;Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.