Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Di SMA Swasta Bhayangkari

Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Rohanita Hasibuan, Eva Julyanti, Fani Rosanti, Ummutu Sakdiah, Lia Sahena Munthe

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat semester ganjil kelas XI A SMA Swasta Bhayangkaritahun pembelajaran 2017/2018. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Pengabdian kepada Masyarakat dengan pelatihan dan penerapan, sasaran pelatihan adalah guru dan subjek dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah siswa kelas XI A SMA Swasta Bhayangkari Tahun 2021 yang berjumlah 29 orang siswa, Objek dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa, Instrumen Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar, lembar observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran group investigation, dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar.Dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk pelaksana meningkat dari 45,68 pada siklus I menjadi 81,03 pada siklus II dengan kategori sedang telah disesuaikan dengan indikator keberhasilan. Persentase indikator kemampuan penalaran matematika siswa meningkat dari 64,3 pada siklus I menjadi menjadi 76,82 pada siklus II. Sebanyak 29 siswa dari jumlah siswa keseluruhan mengalami peningkatan skor total kemampuan penalaran matematika siswa. Berdasarkan hasil Pengabdian kepada Masyarakat diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas XI A SMA Swasta Bhayangkari tahun 2021.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.,dkk., (2015), Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Fadjar Shadiq. (2004).Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Makalah disampaikan dalam Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika Jenjang Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Haryanti (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa kelas XI C SMP Negeri 2 Depok Sleman Dalam Pembelajaran Matematika MelaluiPendekatan Investigasi. Jurnal Pendidikan [Online. (Diunduh pada tanggal 15 Oktober 2015).

Rusman., (2014), Model-Model Pembelajaran, Penerbit Rajawali Press, Jakarta.

Shadiq,F., (2014), Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Soekadijo. 1997. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia.

Sri Wardani, 2005. Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sugiyono., (2016), Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.