Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 2 Rantau Utara

Islamiani Sahfitri, Nurlina Ariani Hrp, Laili Habibah Pasaribu, Amin Harahap, Pinta Romaito Br Sagala, Bela Apriliani

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan seorang siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara mengidentifikasi unsur-unsur yang telah diketahui dan menggunakannya untuk menentukan strategi penyelesaian sehingga mendapatkan solusi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah self confidence. Namun pada kenyataannya kemampuan self confidence siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara kurang optimal. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah pelatihan dan penerapan yang diukur secara kuantitatif. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada semester tahun 2021 di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan self confidence siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menunjukkan bahwa self confidence siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Self Confidence tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3, dan 4 pemecahan masalah menurut Polya. Self Confidence sedang mampu memenuhi indikator 1, 2, dan 3. Self Confidence rendah tidak mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 maupun 4 pemecahan masalah menurut Polya.

Full Text:

PDF

References


Ghufron, M. Nur, dan Rini Risnawita. 2011. TeoriTeori Psikologi. Yogyakarta :Ar Ruzz Media

Hartono, Yusuf.2014.Matematika: Strategi Pemecahan Matematika.Yogyakarta: Graha Ilmu

Hendriana,HerisdanUtariSoemarmo.2014.Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung:PT. Refika Aditama

Rambe, I. S. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Self Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Siswa. Labuhan Batu : Universitas Labuhanbatu.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i1.3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.