Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Di SMA Swasta Imelda

Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Rohanita Hasibuan, Kartika Harahap, Uswatun Hasanah, Sisca Afsari

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di kelas X SMA Swasta Imelda. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan bentuk pelaihan dan penerapan yang diukur secara kuantitatif. Sampel siswa yang digunakan berjumlah 45 orang terdiri dari dua kelas yakni kelas penerapan X A yang berjumlah 25 orang dan kelas penerapan X B yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data pada Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil nilai tes analisis statistik menunjukan bahwa  nilai Sig.(2-tailed) < dari 0,05 sehingga  terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai berfikir kreatif kelas penerapan dan kelas kontrol. Dari lembar angket dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas siswa di kelas penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble, berarati hasil analisis berada pada daerah Ha diterima dan Ho ditolak . Dengan diterimanya Ha berarti peningkatan aktifitas di kelas penerapan  melalui model Scramble  lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran konvensional di kelas X SMA Swasta Imelda.


Full Text:

PDF

References


ABDULLAH, S. (2012). EVALUASI PEMBELAJARAN: Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Rizki Putra.

Afandi, M. d. (2018). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematiksiswa Sma Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. Journal of Mathematics Education and Science, Vol(2):1, hal 1-10.

Apriani, S. (2017). penerapan Contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan sifat benda. Pena ilmiah, vol(2):1, hal(401-410).

Arifin, Z. (2014). Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Pengabdian kepada Masyarakat Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Enawati, E. (2014). pengaruh media booklet CHERLYS dengan pendekatan konstruktivistik terhadap hasil belajar dan respon siswa SMA Negeri 5 Pontianak pada materi hidrolisis garam. Retrieved from Jurnal.untan.ac.id: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/11310/10722

Fatmawati, a. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Kelas X. EduSains, vol(4):2, hal (94-103).

Fauziyah, N. (2014). Penggunaan Media Miniatur Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Gaya Dan Momen Di kelas X TGB 3 SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.

Irianti, P. (1998). Perbedaan Handbook dan Manual Tinjauan Isi. Media Informasi, vol(12):1, hal (28-31).

Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai layanan, referensi sebagai tempat: sebuah tinjauan terhadap layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi. Iqra', vol(10):1, hal 132-146.

karim, a. (2017). analisis pendekatan pembelajaran CTL(Contextual teaching and learning) di SMAN 2 teluk jambe timur, karawang. Formatif, vol(7):2, hal(144-152).

Karo-Karo, I. R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, vol(7):1, hal 91-96.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan aplikasi . Bandung: PT Refika Aditama.

Latuconsina, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap Hasil Belajar. Pendidikan Fisika, vol(5):2, hal(70-75).

Lutvaidah, U. (2015). pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif, vol(5):3, hal 280.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran(Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol(37):1, hal 27-35.

Manora, Y. A. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Pada Siswa Kelas X H Sma Negeri 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol(4):1, hal(46-60).

Nazir, M. (2013). Metode Pengabdian kepada Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol(5):1, hal 145-151.

nurhaedah. (2012). IbM pendekatan Kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran bagi guru-guru di SDN Inpres Bira 2 Bontoa Makassar. Publikasi, vol(11):2, hal(153-159).

Nuryana, E. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Padamata Pelajaran Matematika Kelas Vii Sma Negeri 8 Kota Cirebon. Retrieved from Syekhnurjati.ac.id: https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/63

Pradana, M. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, vol(6):1, hal 1-10.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Danminat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, Vol(1):2, hal 75-105.

Rozikin, S. (2018). hubungan antara minat belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang . Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, vol(2):1, hal 78-81.

Salim, S. d. (2014). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Samidi. (2015 ). pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Student Teams Heroik Leadership terhadap kreatifitas belajar matematika pada siswa SMA Negeri 29 Medan T.P 2013/ 2014. Jurnal EduTech , vol(1):1, hal 1-16.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan. Journal of applied developmental psychology, 82-88.

Siskanti, m. (2016). Pengembangan media belajar monopoli untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa. Studi Sosial, 73.

Soegiyanto, H. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal Geoeco , Vol(2):2, Hal 147-154.

Sugiyono. (2013). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Pengabdian kepada Masyarakat Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyani, A. (2016). Metode Diskusi Buzz Group Dengan Analisis Gambar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal , Vol(5):1, Hal 12-17.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis, vol(1):2, hal 1-7.

Tambusai, A. (2007). Koleksi Rujukan di Perpustakaan. Historisme, 41-48.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.