Pendampingan Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Di SMP Negeri 1 Bagan Sinembah

Lily Rohanita Hasibuan, Eva Julyanti, Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Christine Widya Putri Silitonga, Rukiah Rukiah

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi (PT).Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan  pendekatan pembelajaran matematika realistic (PMR) pada kemampuan berfikir kreatif siswa kela VIII SMP Negeri 1 Bagan Sinembah  pada sub materi kubus, mengetahui peningkatan yang signifikan pembelajaran ekspositori pada kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP negeri 1 bagan sinembah pada sub materi kubus, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang dibelajarkan antara pendekatan matematika realistic dengan pendekatan ekspositori. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa: dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa adalah 72,41. Dimana nilai tertinggi adalah 95.Siswa yang masih berada dibawah KKM hanya ada 8 siswa dari 22 siswa. Hal ini jelas lebih baik dibandingkan sebelum diberi perlakuan, dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa hanya sekitar 60,41. Dimana nilai tertinggi adalah 85. Siswa yang berada dibawah KKM  ada sebanyak 19 siswa dari 11 siswa. Hal ini jelas bahwa pembelajaran ekspositori kurang meningkat pada proses pembelajaran berpikir kreatif, pendekatan pembelajaran matematika realistik meningkat lebih baik pada kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.

Full Text:

PDF

References


B.Uno Hamzah (2011) Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif, Penerbit Bumi Aksara, Bandung

Hartono Rudi, 2013,SRagam Model mengajar yang Mudah Diterima Murid Diva Press , Yogyakarta.

Janah, Dwi Nur. 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Surakarta: (Skripsi) FKIP UMS (Tidak Dipublikasikan)

Kementerian Pendidikan Matematika (2018), Buku Guru ,Penerbit Puskur,Balitbang, Kemdikbud

Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES, 26 Oktober 2013: 107-116

Nasution, Eline Yanty Putri. 2013. Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Slameto,2013,Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Tandaling, Edy.(2011). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME).Jurnal Ilmiah. Pontianak. Universitas Tanjungpura

Van Den Heuvel-Panhuizen, M. 1991. The Didactical Use Of Models In Realistic Mathematics Education: An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage. Dalam Educational Studies in Mathematics Kluwer Academic Publishers. Printed in the Netherlands.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Reaslistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.