Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Handbook Materi Lingkaran Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Rantau Utara. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan bentuk kegiata pelatihan. Sasaran PkM ini adalah guru matematika dan dilanjutkan dengan penerapan pada sampel berjumlah 45 orang siswa. Sampel penerapan Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri dari dua kelas yakni kelas yaitu VIII A sebagai ekperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas eksperimen VIII B yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data pada Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMA Negeri 1 Rantau Utara Adapun pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat belajar sebesar 27,1 %, sedangkan terhadap hasil belajar sebesar 19%.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Rizki Putra.
Afandi, M. d. (2018). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik siswa Smp Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. Journal of Mathematics Education and Science, Vol(2):1, hal 1-10.
Karo-Karo, I. R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, vol(7):1, hal 91-96.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan aplikasi . Bandung: PT Refika Aditama.
Latuconsina, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap Hasil Belajar. Pendidikan Fisika, vol(5):2, hal(70-75).
Lutvaidah, U. (2015). pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif, vol(5):3, hal 280.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran(Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol(37):1, hal 27-35.
Manora, Y. A. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Pada Siswa Kelas Viii H Smp Negeri 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol(4):1, hal(46-60).
Nazir, M. (2013). Metode Pengabdian kepada Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rozikin, S. (2018). hubungan antara minat belajar kimia siswa dengan prestasi belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang . Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, vol(2):1, hal 78-81.
Salim, S. d. (2014). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Samidi. (2015 ). pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Student Teams Heroik Leadership terhadap kreatifitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 29 Medan T.P 2013/ 2014. Jurnal EduTech , vol(1):1, hal 1-16.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan. Journal of applied developmental psychology, 82-88.
Siskanti, m. (2016). Pengembangan media belajar monopoli untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa. Studi Sosial, 73.
DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.