Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 2 Rantau Utara

Sakinah Ubudiyah Siregar, Indah Fitria Rahma, Lily Rohanita Hasibuan, Eva Julyanti, Bela Apriani, Budi Irawan

Abstract


Problem Based Learning adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan menggunakan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi prisma di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utara tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada data post test diperoleh t hitung> t tabel  yaitu 2,986 >2,0054. Dengan rincian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi prisma di Kelas XI SMA Negeri 2 Rantau Utarayaitu cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test diperoleh 74,178 dengan variansi 98,82 dan standar deviasi9,839. siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Setelah melakukan uji coba dengan menggunakan Problem Based Learning maka dihasilkan Ada pengaruh signifikan Model pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2016. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Adelia, 2017.Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas XI MT.s Al-washliyah T.P. 2016/2017, Medan: SKRIPSI UINSU.

Ali Hamjah, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (Jakarta: Rajawali Pers, 2016

Al-Rasyidin dan Wahyudin Nur Nasution. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing.

Amir Taufiq, M. 2019. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konvensional (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Asrul, dkk, 2014.Evaluasi Pembelajaran,Bandung: Cipta Pustaka Media.

Aswita Lubis, Effi. 2015 Strategi Belajar Mengajar.Medan: Perdana Publishing.

B. Uno, Hamzah. 2018. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Cucu Try. 2014. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe stad dan pembelajaran problem solving di kelas XI mts madinatussalam sei rotan tp.2013/2014(Medan, Skripsi UIN SU).

Depdiknas. 2015. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: CV Eko Jaya.

Eka Lestari, Karunia. 2015. Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Haidir & Salim. 2012. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Hamzah, Ali dkk. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Hendriana.

Heris & Utari Soemarno. 2014. Penilaian pembelajaran Matematika. Bandung: PT RefikaAditama.Pers.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jaya, Indra dan Ardat.2016. Penerapan Statistik untuk Pendidikan.Bandung: Ciptapustaka Perintis.

Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. 2017. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya,Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana PrenamediaGroup.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2016. Statistika Untuk Pengabdian kepada Masyarakat, Bandung:: Alfabeta.

Suharsimi Arikounto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sumantri, Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suriyani Nurhasanah, Eva Julyanti, Jurnal Berkala Mahasiswa 1 (1), 12-15, 2019, Pengaruh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan advokasi berbasis masalah terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

Surya, Mohammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.