Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Dalam Pembelajaran Di Sma Swasta Bahayangkari

Islamiani Safitri, Nurlina Ariani Hrp, Laili Habibah Pasaribu, Amin Harahap, Desi Yanti Munthe, Aisyah Putri Manja

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair and Share dikelas X SMA Swasta Bhayangkari Tahun 2022. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat Quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMA Swasta Bhayangkaria Kecamatan Aek Kuo yang terdiri dari 9 kelas. Sampel Pengabdian kepada Masyarakat diambil 2 kelas yang ditentukan dengan tekhnik purposive sampling yaitu kelas X-AK dengan menggunakan pembelajaran Think Pair and Share dan kelas X-TKJ dengan menggunakan eksperimen dan kontrol sebesar 53,43 dan 52,56. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 78,2 dengan persentase kenaikan sebesar 43% dan pada kelas kontrol sebesar 72,6 dengan persentase kenaikan sebesar 10%. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05, nilai signifikan 0,001 > 0,05. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair and Share dikelas X SMA Swasta Bhayangkaria Kecamatan Aek Kuo Tahun 2022.


Full Text:

PDF

References


Amani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Penalaran Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Bani, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa. Edisi Khusus No.1.2011.

Haerudin, Pembelajaran Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran

Ibrahim, Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Pemberian Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal FIS Universitas Negeri Malang.

Matematik. Jurnal Pendidikan Uniska. 2015.

Nataliasari, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Kemampuan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol.1 No.1. 2014.

Rohaendi, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran. 2015.

Rosita, Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Euclid, vol.1.No.1. Suherman, Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.1.No.1.2012.

Suriyani. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Lampung.

Susilawati, Peningkatan Hasil Belajar PAI Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal TA’DIB Vol.XV.No.02.2010.

Usniati. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v2i2.3888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.