Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi IPA Berbasis Karakter Melalui Analogy Learning

Islamiani Safitri, Praida Hansyah, Devi Anna Siregar

Abstract


Pada era revolusi industri 4.0, seharusnya sekolah di sekitar pusat kota sudah melakukan pembelajaran berbasis teknologi. Namun, di SD Negeri 03 Rantau Selatan, hanya 1 dari 15 guru yang pernah menggunakan infocus dalam proses pembelajaran sedangkan yang lain masih menggunakan pembelajaran konvensional, artinya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran belum dilakukan. Hal ini terjadi karena mayoritas guru di SD Negeri 03 Rantau Selatan masih gagap teknologi. Selain itu, mengacu pada kurikulum 2013 yang menekankan pada pembentukan karakter, diketahui bahwa karakter siswa SD Negeri 03 Rantau Selatan masih tergolong rendah. Dua permasalahan ini tentu berimbas pada kemampuan pedagogik siswa. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas 4, 5, dan 6 diperoleh data rata-rata kemampuan IPA siswa secara keseluruhan masih rendah yaitu nilai rata-rata ulangan siswa di angka 61 sedangkan nilai KKM IPA adalah 71, hal ini tentu menjadi tugas penting bagi para pendidik untuk memperbaikinya. Berdasarkan pemaparan di atas, maka perlu upaya serius untuk mengatasi permasalahan ini. Solusi yang dapat diberikan kepada mitra yaitu dengan implementasi media pembelajaran video animasi IPA berbasis karakter melalui analogy learning. Implementasi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan IPA serta karakter siswa. Selain itu, untuk mengatasi guru yang masih gagap teknologi, akan dilaksanakan kegiatan berupa pelatihan dasar pembelajaran berbasis teknologi. Pelatihan yang diberikan berupa teknik penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran.  Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini ada tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan mencakup identifikasi moral dan kemampuan IPA siswa, identifikasi penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran oleh guru, pembuatan media pembelajaran video animasi IPA berbasis karakter, dan membuat modul pelatihan dasar pembelajaran berbasis teknologi bagi guru SD Negeri 03 Rantau Selatan. Sedangkan pada tahap pelaksanaan yaitu melakukan implementasi media pembelajaran video animasi IPA berbasis karakter melalui analogy learning untuk kelas 4, 5, dan 6 serta melaksanakan pelatihan dasar tentang pembelajaran berbasis teknologi untuk guru SD Negeri 03 Rantau Selatan.  Selanjutnya pada tahap evaluasi yaitu dengan melaksanakan evaluasi pengabdian kepada guru dan kepala sekolah tentang keberhasilan pengabdian, serta melakukan evaluasi dan monitoring keberlanjutan kegiatan dengan terus berkomunikasi kepada sekolah tentang perkembangan siswa dan guru setelah dilaksanakan pengabdian

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. A. (2018). Pendidikan karakter. In Informasi (Issue 100, p. 273). Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Toleransi, 7(2), 123–131. https://doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426

Epran, E., Efriyanti, A., & Utami, H. T. (2018). Respon Mahasiswa Terhadap Pengembangan Nilai Karakter Setelah Mengimplementasikan Pembelajaran Matematika. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 153. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2297

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549

INDAH, S. (2020). Analisis Budaya Sekolah Di Sd Nu Master Sokaraja Banyumas. Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Efektifitas Efektifitas Pendidikan Karakter melalui Metode Storytelling bagi Siswa Tingkat Menengah Atas. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 38–54. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1419

Karakter, P., Keluarga, L., & Tinggi, P. (2020). AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam e. 2(April), 60–77.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Mahfud. (2013). Berpikir Dalam Belajar Membentuk Karakter Kteatif Peserta Didik. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 1–26.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115487. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Munirah. (2015). Education System in Indonesia: between desire and reality. Auladuna, 2(2), 233– 245.

Nurgiansah, T. H. (2021). PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK T Heru Nurgiansah Open Access at : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP. 9(1), 33–41.

Primasari, D. A. G., Dencik, & Imansyah, M. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019, 1100–1118.

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76.

Rohman, A. (2016). Upaya Menekan Angka Kriminalitas Dalam Meretas Kejahatan Yang Terjadi Pada Masyarakat. Perspektif, 21(2), 125. https://doi.org/10.30742/perspektif.v21i2.187 Setiawan, A. D. E. (2019). PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK (Studi Perbandingan Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani ). 1–135.

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Silalahi, E., & Safitri, I. (2021). Analisis Paparan Pornografi dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 437–447. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.521

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v3i1.3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.