SOSIALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DAN ICT DI MAS YAYASAN PERGURUAN BUDAYA CIKAMPAK KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Ilham Hakiki Harahap, Hasmi Syahputra Harahap, Nurlina Ariani Hrp, Panggih Nur Adi, Masrizal Masrizal, Lili Rohanita Hasibuan, Rosmidah Hasibuan, Eva Julyantii

Abstract


ICT (Information and Communication Technology) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin berkembang telah mengakibatkan perubahan dalam semua sector kehidupan termasuk bidang pendidikan. Dalam merespon perubahan ini, dunia pendidikan dituntut mampu mengimplementasikan pembelajaran E-Leraning dan ICT dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk mengedukasi dan membangun kesadaran siswa agar senantiasa cerdas memanfaatkan ICT dalam pembelajaran serta berbagi pengetahuan dalam implementasi pembelajaran E-Learning dan ICT dalam pengelolaan pendidikan sehingga bisa menambah wawasan dan pemahaman tentang pemanfaatan pembelajaran E-Leraning dan ICT dalam pembelajaran. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah berupa sosialisasi/penyuluhan dengan pemaparan materi menggunakan media powerpoint melalui metode ceramah dan tanya jawab dengan tema kegiatan “Sosialisasi Pembelajaran Berbasis E-Learning dan ICT di MAS Yayasan Perguruan Cikampak Kabupaten Labuhanbatu Selatanâ€.  Kegiatan ini terlaksana karena terwujudnya kerjasama antara seluruh anggota kelompok pengabdian masyarakat dalam menjalankan kegiatan serta dukungan berbagai pihak terutama kepala sekolah.

Full Text:

PDF

References


Ghani. Pengenalan Teknologi Internet serta Dampaknya. Jurnal System Informasi. Universitas Surya Darma. 2018.

Hamalik. 2008. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.

Hasanah, N. 2020. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 (2) : 34-41.

Manninen, J. and Nevgi, A. (2000) 'Teaching in the Web', in Matikainen, J. And Manninen, J. (Eds.): Adult Education Online: Theory of Web-Based Learning Environments

Nyambane, Cyprian O., Nzuki, David. 2014. “Factor Influencing ICT Integration in Teaching- A Literature Review. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 3 March 2014.

Pakpahan, Z. A. ., Sriono, S., & Siregar, H. A. . (2023). MEKANISME PELAKSANAAN PROSES MEDIASI YANG EFEKTIF DALAM PROBLEMATIKA HUKUM YANG TERJADI DI DESA AEK HITETORAS KECAMATAN MERBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5212–5218. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16542.

Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2004). Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics Vol. 1, No. 1, 13-28.

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v3i2.4605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.