Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Gmath Learning Berbasis Games Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika di 117505 Panjang Tongah

Indah Fitria Rahma, Nurlina Ariani Hrp, Novi Fitriandika Sari, Siti Suharni Simamora

Abstract


Rendahnya motivasi belajar dan karakter siswa dalam pembelajaran merupakan masalah yang banyak terjadi di sekolah dasar. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, kebanyakan guru hanya menerapkan metode pembelajaran yang konvensional atau metode ceramah dalam penyampaian materi matematika tanpa diselingi dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pentingnya karakter dan moral merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam capaian hasil belajar. Rendahnya nilai moral siswa dipengaruhi oleh rendahnya penguatan pendidikan karakter dari sekolah. Melalui penggunaan aplikasi Gmath Learning berbasis games dan karakter, merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika juga sekaligus meningkatkan nilai-nilai karakter siswa melalui kata-kata motivasi yang ditampilkan pada Gmath Learning berbasis games dan karakter.


Full Text:

PDF

References


Ghani. Pengenalan Teknologi Internet serta Dampaknya. Jurnal System Informasi. Universitas Surya Darma. 2018.

Hamalik. 2008. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.

Hasanah, N. 2020. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 (2) : 34-41.

Manninen, J. and Nevgi, A. (2000) 'Teaching in the Web', in Matikainen, J. And Manninen, J. (Eds.): Adult Education Online: Theory of Web-Based Learning Environments

Nyambane, Cyprian O., Nzuki, David. 2014. “Factor Influencing ICT Integration in Teaching- A Literature Review. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 3 March 2014.

Pakpahan, Z. A. ., Sriono, S., & Siregar, H. A. . (2023). MEKANISME PELAKSANAAN PROSES MEDIASI YANG EFEKTIF DALAM PROBLEMATIKA HUKUM YANG TERJADI DI DESA AEK HITETORAS KECAMATAN MERBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5212–5218. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16542.

Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2004). Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics Vol. 1, No. 1, 13-28.

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v3i2.4716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.