Pendampingan Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Desa Bulu Cina Kabupaten Deli Serdang Yang Berjiwa Islami Dan Qur’ani

Siti Suharni Simamora, Yuni Asri Ningratri, Leli Purnama, Tihawa Tihawa, Sanggul Maharani Yessa, M. Baihaqi

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan pada masyarakat dan anak-anak desa Bulu Cina dalam upaya meningkatkan pendidikan yang berjiwa islami dan qur’ani. Kurangnya minat anak-anak di desa Bulu Cina, Dusun IV Karang Luas, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang dalam pendidikan Alquran menjadi dasar dosen STIT Al-Washliyah Binjai melakukan kegiatan PkM di desa tersebut.  Selain hal tersebut, masih kurangnya tenaga pengajar di pendidikan Alquran di desa tersebut juga menjadi dasar rendahnya minat anak-anak dan masyarakat untuk belajar pendidikan Alquran. Pendidikan Alquran untuk menciptakan masyarakat yang berjiwa islami dan qurani menjadi salah satu dasar membentuk masyarakat yang rukun dan damai. Upaya yang dilakukan berupa memberikan beberapa kegiatan-kegiatan yang menjadi rutinitas didalam desa tersebut, pendidikan Alquran dan pendalaman-pendalaman nilai islami. Kegiatan-kegiatan akan dilaksanakan secara bersama dengan peran aparat desa dan masyarakat yang bersedia.


Full Text:

PDF

References


Pauned Jerry S dan Yuni Asri Ningratri. 2023. Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Mahasiswa STIT AW. Binjai: Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Washliyah kota Binjai.

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/3-potensi-dampak-sosial-negatif-pandemi-covid-19-bagi-pesertadidik-yang-harusdiwaspadai/#:~:text=Setidaknya%2C%20terdapat%20tiga%20potensi%20dampak,pada%20a nak%20dan%20risiko%20eksternal.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v3i2.4723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.