PKM Pendampingan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin Serdang Bedagai Sumatera Utara

Adawiyah Nasution, Mahzaniar Mahzaniar, Syarifah Syarifah, Raja Fanny Fatahillah, Halimatul Maryani

Abstract


Pada tanggal 10 Juli s/d 29 Juli 2023 kami telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kuala lama, Kec.Pantai cermin, Kab.Serdang Berdagai, Prov. Sumatera Utara. Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu agar  mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih baik  melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan memberikan solusi dari  permasalahan yang berada dilapangan. Adapun sasaran dari pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan yaitu Masyarakat sekitar dan anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Banyak program yang kami laksanakan di Desa kuala lama. Program- program tersebut ikut serta masuk ke dalam sekolah seperti SD dan TK,meliputi kegiatan belajar mengajar yang di khususkan untuk anak-anak  di posko, bergotong royong di Kantor Desa dan ikut langsung dalam membantu dalam posyandu lansia, mempromosikan kampus, sosilisasi kerumah masyarakat, membuat kegiatan senam untuk anak-anak, mempelajari pembuatan ikan asin, dan mensosialisasikan jamu serta membuat tanaman hidup sebagi obat keluarga di Desa kuala lama  Program- program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat setempat dan dapat bermanfaat bagi warga sekitar.


Full Text:

PDF

References


Halimatul Maryani, dkk, Sosialisasi Dan Penyuluhan Hukum Terhadap Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Akte Kelahiran Pada Setiap Anak, dalam jurnal ika bina en pabolo, vol.3, No.2, Juli 2023.

Nia kurniati, dkk, Sosialisasi Pertahanan Keluarga di Desa Putih Kecamatan Sekotong, https://ejournal.lapad.id/index.php/adm/article/view/231/160, jurnal ADM, Vol. 1, No. 2 Tahun2023.

Rusliawati, dkk, PKM Peningkatan Profesional Bagi pengurus osis di SMA Negri 1, file:///C:/Users/Ka.%20Prodi%20Hukum/Downloads/2163-6384-1-PB.pdf, diakses pada tanggal 20 Oktober 2023 pukul 12.00 wib.

Sri Wahyuningsih, Peranan UKM Dalam Perekonomian Indoanesia, Dalam Jurnal Mediagro, Vol.5, No.1, tahun 2009, ha.5,lihat dalam, file:///C:/Users/Ka.%20Prodi%20Hukum/Downloads/890-1901-1-SM.pdf, dan diakses pada tanggal 22 Oktober 2023 pukul 14.00 wib.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v4i1.5191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.