Optimalkan Bisnis Lokal (UMKM) Desa Gunung Selamat di Google Maps

Ibnu Rasyid Munthe, Masrizal Masrizal, Bhakti Helvi Rambe, Ade Eka Febriyanti, Eggi Ok Pernanda Gaja, Fahreza Br Tompul, Holong Marhula Sihite, Tengku Irwan Aziz, Tongku Hamonangan Harahap

Abstract


Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar dan memiliki potensi untuk menyerap tenaga kerja, sebagian besar dari mereka belum mengadopsi teknologi digital secara maksimal dalam operasional bisnis mereka. Hal ini mengakibatkan potensi keuntungan yang diperoleh belum teroptimalkan. Dalam era digital, kemampuan memanfaatkan teknologi menjadi kunci dalam bertahan di pasar yang semakin kompetitif. Generasi muda sebagai agen perubahan yang harus aktif dalam mengatasi masalah ini. Mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi digital, khususnya dalam pemasaran, terutama bagi pelaku UMKM. Pendampingan dan pelatihan terkait teknologi digital menjadi penting dalam meningkatkan daya saing UMKM di pasar global yang semakin terhubung secara digital. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Gunung Selamat, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada pendaftaran lokasi usaha UMKM di Google Maps. Melalui program pendampingan, pemilik UMKM diajari langkah-langkah pendaftaran, pengelolaan profil bisnis, dan manfaat teknologi digital dalam pemasaran. Program ini diharapkan membantu UMKM untuk lebih eksis di pasar global dan meningkatkan daya saing mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendaftaran lokasi usaha di Google Maps berjalan sukses. Program pendampingan ini mampu memberikan pemahaman baru kepada pemilik UMKM tentang manfaat teknologi digital dalam mengembangkan usaha mereka. Selain pendaftaran, program ini juga mendukung UMKM dalam mengurus legalitas usaha dan akun WhatsApp Business. Kepala Desa Gunung Selamat juga memberikan dukungan positif dalam pelaksanaan kegiatan. Kesimpulannya, program pendampingan pendaftaran lokasi usaha di Google Maps di Desa Gunung Selamat adalah langkah positif untuk membantu UMKM mengatasi kendala pemasaran. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi digital, sehingga UMKM dapat bersaing lebih efektif di pasar global. Peran generasi muda dalam membantu UMKM mengadopsi teknologi digital juga menjadi kunci dalam pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.


Full Text:

PDF

References


Dessyarti, R. S., Sari, P. O., Murniyati, D., Sari, D. K., Heryawan, F. A., & Fatmawati, N. I. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi UMKM untuk Memperkuat Ekonomi Masyarakat “Roti Rumahan Dona’s House.” Jurnal Pengabdian Masyarakat “Wiryakarya,”2(01). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WKFEB/article/view/15385.

Kapasitas, P., Daya, S., Melalui, M., Pemanfaatan, O., Digital, T., Umkm, U., Blitar, K., Sukorejo, K., Blitar, K., Fatmawati, A., Renanda Atmaja, A., Tsanyatha, M., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk UMKM Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.33379/ICOM.V2I2.1446.

Kauman Kecamatan, K., Kabupaten, S., Mukhlison, B., Santoso, H. B., Astikawati, A. S., Sari, I. P., Wulandari, I. V., Balitar, I., Blitar, K., Studi, P., Bisnis, A., Islam Balitar, U., & Manajemen, P. S. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM LOKAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 107–122. https://doi.org/10.55606/KREATIF.V2I3.515.

Prilandewi, K. L., Sukadana, W., Kunci, K., Bumdes, :, Akuntasni, S., Desa, D., & Keuangan, L. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BATOK KELAPA DI DESA BATUBULAN. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2), 171–180. https://doi.org/10.35906/RESONA.V5I2.809.

Tri Cahya, B., Widyarani, E., Rohmah, F., Hidayah Islamiah, M., Studi Ekonomi Syariah, P., Kudus, I., & Pekalongan, I. (2022). Urgensi E-Marketing Berbasis Google Maps pada Keberlangsungan Usaha Entrepreneur Muslim (Studi pada Kabupaten Demak). Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(1), 126–142. https://doi.org/10.30595/KOMPARTEMEN.V20I1.12328.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v4i1.5332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.