Meningkatkan Semangat Membaca Siswa SDN 04 Melalui Literasi Taman Bacaan di Desa Rintis Kabupaten Labuhanbatu
Abstract
Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama. Pengaruh keluarga sangat kuat dalam pembentukan kepribadian anak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua adalah mengetahui bagaimana mengembangkan minat baca anak. Mengembangkan minat baca harus dilakukan dengan cara variatif, artinya tingkat konsentrasi anak tidak panjang dan mereka mudah teralihkan oleh sesuatu. Proses belajar membaca harus menyenangkan seperti bermain agar anak tidak merasa bosan. Kemampuan membaca berhubungan dengan minat dan kebiasaan anak dalam membaca. Mengembangkan minat baca dengan kegiatan Literasi taman bacaan yang menyenangkan dapat meningkatkan minat baca pada anak sekolah dasar di desa Rintis. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan motivasi dan pemahaman kepada anak- anak sekolah dasar di desa Rintis. Kegiatan PKM ini memberikan warna tersendiri kepada anak-anak didaerah taman bacaan karena selama ini mereka jarang sekali mereka melakukan kegitan tersebut baik di lingkungan tempat tinggal maupun di tempat mereka bermain. Kegiatan ini juga sebagai pengingat kepada anak-anak di daerah taman bacaan desa Rintis bahwa membaca sangat bermanfaat untuk masa depan. Dengan Kegiatan PKM ini anak-anak desa Rintis dapat meningkatkan ketekunan dan kepercayaan mereka bahwa dengan membaca mereka dapat menjelajahi dunia.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Apriani, An Nisa dan Ariyani, Y. D. 2017. “Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa
SD Kelas Awal melalui Pop Up Book.”
Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.” Membumikan
Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hernowo, ed. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang
Munculnya Potensi Membaca. Bandung: Mizan Learning Center.
Kemendikbud, 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah
Saryono, Djoko., dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta Timur: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Indah, Nur Annisa, 2017 Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar,
Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v4i1.5333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.