Sosialisasi Manajemen Bencana dan Peran Perempuan Dalam Membangun Ketangguhan Keluarga Dalam Menghadapi Bencana

Mhd Amin, Ade Parlaungan Nasution, Junaidi Mustapa Harahap, Syahrul Budiman, Muhammad Irwansyah Hasibuan, Mulya Rafika

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang kesiapsiagaan bencana dengan menggunakan metode penyuluhan manajemenbencana kepada kelompom rentan yakni wanita dan anak-anak. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Sigambal kecamatan Rantau Selatan Kabuoaten Labuhanbatu, dengan total peserta dalah 100 peserta dan terdiri dari 5 pemateri. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah Kabupaten Labuhanbatu menjadi salah satau daerah yang masuk dalam kategori waspada bencana banjir, dengan demikian untuk menghindari kerugian dan korban jiwa akibat ancaman banjir ini, pemerintah perlu secara aktif untuk melakukan sosialisasi manajemen bencana. Peningkatan literasi kebencanaan dapat dilakukan dengan cara penyuluhan dan menyisipkan rangkaian pelatihan yang didalamnya berisi tentang respon peratama bencana dari mulai proses evakuasi, pembentukan team tanggap darurat, manajemen logistik, manajemen dapur umum untuk pengungsi hingga pada manajemen pemulihan pasca bencana. Hasilnya evaluasi ditemukan bahwa masyarakat saat ini telah memahami bagaimana peran ibu rumah tangga dalam manajemen bencana, diantara masyarakat telah memeprisapkan tas darurat untuk menyimpan segala bentuk barang-barang kesiapsiagaan bencana, kemudian masyarakat juga meletakkan surat-surat berharga lainnya pad akantung darurat dalam rangka menghindari kerugian secara financial, selajutnya hasil temuan juga menunjukkan bahwa tata letak perabotan rumah tangga sudah diatur berdasarkan standart keamanan, misalnya letak posisi lemari yang tidak menghadap langsung kekasur, pembuangan sampah yang teratur serta membersihkan penyaluran air agar tidak mengyumbat parit dan sirkulasi air pada gorong-gorong.


Full Text:

PDF

References


Aprilin, H. (2018). Kesiapsiagaan sekolah terhadap potensi bencana banjir di SDN gebang malang kecamatan mojoanyar kabupaten mojokerto. Jurnal Biosains Pascasarjana, 20(2), 133-145.

Ari, M. K. H. A. A., Idayanti, R., & Munawiroh, A. (2019). Peran Perempuan dalam Penanganan Bencana: Studi Meningkatkan Rasa Kemanusiaan Pada Jiwa Perempuan dalam Penanganan Bencana. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(1), 583-595.

Aziz, S. N. (2023). Pengaruh Literasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Dalam Memitigasi Bencana Tsunami: Studi pada Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah di Kawasan Pesisir Kabupaten Pangandaran (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Fakhrurrazi, M., & Ismail, N. (2015). Pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan rumah sakit umum daerah (RSUD) pidiejaya terhadap kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko bencana banjir. Jurnal Ilmu Kebencanaan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(4).

Fedianty Augustinah, F., & Agustiawan Djoko Baruno, A. (2021). Peran Perempuan Desa Dalam Perlindungan Dan Penyelamatan Arsip Keluarga Dalam Siaga Bencana. Unitomo Press. Surabaya.

Hedriyanti, G., & Syamsuddin, A. B. (2021). Peran Perempuan terhadap Penanggulangan Bencana di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 4(2), 21-37.

Kusyairi, A., &Addiarto, W. (2023). Mitigasi Bencana Melalui Pengurangan Risiko Bencana Terhadap Kemampuan Tanggap Darurat Bencana Banjir. Jurnal Penelitian Keperawatan, 9(1), 81-85.

Marlyono, S. G. (2016). Peranan Literasi Informasi Bencanaterhadap Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat Jawa Barat. Jurnal Geografi Gea, 16(2), 116-123.

Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., &Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. JurnalPenelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68-79.

Putera, R. E., Valentina, T. R., & Rosa, S. A. S. (2020). Implementasi Kebijakan Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Sebagai Upaya Pengurangan Resiko Bencana di Kota Padang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 155-167.

Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya pengurangan risiko bencana pada kelompok rentan. Jurnal Dialog dan Penanggulangan Bencana, 10(1), 30-38.

Susanti, E. (2022). Peran Perempuan Pesisir Terhadap Ketahanan Keluarga Pasca Bencana Alam Gempa Bumi Di Desa Maliaya, Kabupaten Majene Tahun 2021. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(3), 417-436.

Wibowo, Y. A., Dewi, R. P., Ronggowulan, L., Anjarsari, R. Y., & Miftakhunisa, Y. (2020). Penguatan Literasi Mitigasi Bencana Angin Puting Beliung untuk Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa Munggur, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Warta LPM, 23(2), 165-179.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v4i1.5496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.