PENINGKATAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BERBASIS WEB MELALUI PELATIHAN CANVA

Muhamad Rodi, Khairul Imtihan, Mardi Mardi, Wire Bagye

Abstract


Kemajuan teknologi digital telah menciptakan kebutuhan akan keterampilan desain grafis yang relevan dengan tuntutan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan desain grafis berbasis web menggunakan Canva dalam meningkatkan keterampilan teknis, efisiensi, dan kreativitas siswa di STMIK Lombok. Program pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, dengan melibatkan tujuh siswa dalam program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan teknis siswa, dengan rata-rata nilai posttest 25 poin lebih tinggi dibandingkan pretest. Peserta juga menunjukkan peningkatan efisiensi, di mana waktu pengerjaan desain berkurang hingga 50%. Selain itu, kreativitas siswa dalam menghasilkan desain grafis berbasis web terasah melalui eksplorasi fitur Canva, seperti elemen animasi dan tipografi modern. Pelatihan ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran, mendorong kesiapan kerja siswa, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Namun, tantangan seperti pemahaman fitur kompleks Canva dan keterbatasan waktu pelatihan perlu menjadi perhatian. Studi ini menyoroti pentingnya pelatihan berbasis teknologi modern dan menawarkan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dari pelatihan serupa terhadap pengembangan profesional siswa.


Full Text:

PDF

References


Ako-Nai, A., & Singh, A. M. (2019). Information technology governance framework for improving organisational performance. South African Journal of Information Management, 21(1), 1–11.

Al-Okaily, M., Al-Sartawi, A., Hannoon, A., & Khalid, A. A. (2022). Information technology governance and online banking in Bahrain. Artificial Intelligence for Sustainable Finance and Sustainable Technology: Proceedings of ICGER 2021 1, 611–618.

Arianto, D., & Suyitno, S. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(01), 16–23.

Arrasyid, A. H., Rimanda, R., Puadah, U. S., & Aeni, A. N. (2022). Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 99–103.

Azdy, R. A., Sriyeni, Y., & Aprizal, Y. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK GURU SMK MUHAMMADIYAH 1. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 556–561.

Buckby, S., Best, P., & Stewart, J. (2010). The current state of information technology governance literature. Business Information Systems: Concepts, Methodologies, Tools and Applications, 1657–1705.

Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Ferguson, C., Green, P., Vaswani, R., & Wu, G. (2013). Determinants of effective information technology governance. International Journal of Auditing, 17(1), 75–99.

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan penggunaan Canva bagi siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98.

Ikhwani, N. S., Imtihan, K., Ashari, M., & Tantoni, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Menggunakan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Hardskill Karyawan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 144–149.

Imtihan, K., Mardi, M., Bagye, W., & Rodi, M. (2024). PENINGKATAN PENJUALAN PUPUK ORGANIK PADA FORUM PERSATUAN PEMUDA KREATIF (FP2K) DESA SAMBELIA MELALUI PELATIHAN, MANAJEMEN USAHA DAN PROMOSI DIGITAL. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 1655–1669.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.

Lusiana, U., Imtihan, K., Bagye, W., Zaen, M. T. A., & Mardi, M. (2023). Pendampingan dan pelatihan penggunaan aplikasi Sidawai bagi karyawan di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Bagian Sekretariat. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 678–688.

Martini, R. S., Gunarti, W., Satrio, M. G., Maryam, M., AS, H. K., & Zahra, C. A. (2023). pelatihan penggunaan aplikasi canva for education, bagi Guru Paud di Kecamatan Pulo Gadung. Jurnal Basicedu, 7(5), 3242–3248.

Mohamed, N., & Kaur a/p Gian Singh, J. (2012). A conceptual framework for information technology governance effectiveness in private organizations. Information Management & Computer Security, 20(2), 88–106.

Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan pembuatan modul ajar interaktif bagi guru dengan menggunakan canva (studi kasus: sdn 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206.

Nitami, D., Imtihan, K., Zaen, M. T. A., & Fahmi, H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Media Sosial Menggunakan Adobe Photoshop Pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Di Bagian Perencanaan. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–167.

Ramadhan, I., Imran, I., Ulfah, M., Prancisca, S., Linda, L., Febrianti, U. R., & Wahyudi, A. (2023). Pelatihan peningkatan keterampilan belajar peserta didik menggunakan aplikasi Canva di sekolah perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(3), 525–532.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Rochmawati, N., Yamasari, Y., Yustanti, Wi., Qoiriah, A., & Aviana, A. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru MI Al Ahmad, Krian, Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 46–52.

Rosada, A., Imtihan, K., & Zulkarnaen, M. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Google Formulir Pengaduan Pencatatan Perselisihan Di Bidang Hubungan Industrial Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah. JPEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 150–155.

Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105.

Susanto, E. R. (2023). pelatihan desain grafis untuk Guru menggunakan canva. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 2(2), 168–173.

Van Grembergen, W., & De Haes, S. (2007). Implementing information technology governance: models, practices and cases: models, practices and cases. IGI Global.

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91–102.

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. Fordicate, 1(2), 192–199.

Wiyanah, S., Aviory, K., & Nuryani, C. E. (2022). Pelatihan aplikasi canva bagi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran di SMPN 1 Kasihan Yogyakarta. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712.

Wu, S. P.-J., Straub, D. W., & Liang, T.-P. (2015). How information technology governance mechanisms and strategic alignment influence organizational performance. MIS Quarterly, 39(2), 497–518.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v5i1.6552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.