SOSIALISASI PEMBUATAN COOKIES BERBAHAN DASAR SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN POTENSI UMKM DI ERA DIGITAL BERBASIS WEB DI DESA GUNUNG SELAMAT
Abstract
Pembuatan cookies berbahan dasar singkong di Desa Gunung Selamat bertujuan untuk meningkatkan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era digital. Singkong, sebagai bahan pangan lokal yang melimpah, dipilih karena ketersediaannya yang meluas serta nilai gizi yang baik. Penelitian ini melibatkan proses pembuatan cookies dari singkong, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, hingga pengemasan. Untuk memperluas jangkauan pasar, strategi pemasaran berbasis web diterapkan. Platform digital seperti situs web dan media sosial digunakan untuk mempromosikan produk serta mencantumkan informasi kontak yang terhubung dengan Google Maps, memudahkan konsumen menghubungi atau mengunjungi lokasi secara langsung. Hasil dari implementasi ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan dan visibilitas produk, serta memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi produk berbahan dasar lokal yang dipadukan dengan strategi pemasaran digital dapat memberdayakan UMKM dan mendorong perkembangan ekonomi di desa.
Keywords: UMKM, Era Digital, Cookies, Singkong, Pemasaran Digita
Full Text:
PDFReferences
Astar, S. E. (2021). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.37087/jtb.v3i2.93
Meiliana, Pratiwi, R., & Adenan, A. (2020). Pelatihan Pengolahan Ketela Menjadi Produk Bernilai Ekonomi kepada Pegawai Cleaning Service di Universitas Katolik Soegijapranata. Prosiding Sendimas, 5(1), 18–21. http://repository.unika.ac.id/28062/1/meiliana2020 CS Ketela.pdf
Novianti, R., Angraeni, T., Hanitha, V., & Dama Yanti, L. (2023). Penyuluhan Pengelolaan Investasi bagi Pelajar (Anak Asuh Mudita Love Children). Abdi Dharma, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.31253/ad.v3i1.2052
Septarina, L., Hakim, L., Marshella Febriani, O., & Azim, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Website untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 150–153. https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.747
Teliana, N., Suhendra, S., Ramadini, G. A., Muhammad Agil Ghifari, M. A. G., Nurhanifah, N., & Saputra, R. M. (2024). Strategi Membangun UMKM Unggul Dengan Paningkatan Kemampuan Pemasaran dan Inovasi Kemasan Melalui Digital Marketing di Desa Cibuntu. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 37–49. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1594
DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v5i1.6586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.