PELATIHAN DESAIN GRAFIS MELALUI CANVA DALAM MEMBUAT POSTER, KALENDER, DAN BROSUR DI SMAN 2 RANTAU UTARA

Aditya Pratama Lbn Tobing, Fadillah Pauziah Pasaribu, Fera L Simbolon, Rotua Sri Rejeki Faomasi Waruwu, Panggih Nur Adi, Risma Delima Harahap

Abstract


Perkembangan teknologi digital memberikan dampak pada ranah pendidikan terutama dalam penggunaan media pembelajaran. Canva menjadi salah satu platform desain grafis daring dalam proses pembelajaran. Pelatihan desain grafis bertujuan untuk mengoptimalkan teknological knowladge yang berimplikasi pada peningkatan kreativitas peserta didik di SMAN 2 Rantau Utara. Pengabdian pelatihan ini dilakukan dengan metode observasi langsung dengan tahapan identifikasi kebutuhan peserta didik, perancangan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan pelatihan dengan pendekatan andragogi dalam membimbing peserta didik mengenal dan mengetahui elemen -elemen di Canva serta mempraktikan secara langsung cara mendesain poster, brosur dan kalender. Hasil  pengabdian dalam pelatihan desain grafis yaitu tingginya tingkat partisipasi peserta didik mengikuti pelatihan, tingkat kepuasan dan efektivitas peserta, serta dampak positif yang dirasakan   peserta didik selama mengikuti pelatihan.  Pengabdian  ini diharapkan dapat  terus berlanjut dan berkembang  di SMAN 2 Rantau Utara.

 

 

Kata Kunci :   Pelatihan, Desain Grafis, Canva

 

The development of digital technology has had an impact on the realm of education, especially in the use of learning media. Canva is an online graphic design platform in the learning process. Graphic design training aims to optimize technological knowledge which has implications for increasing students' creativity at SMAN 2 Rantau Utara. This training service is carried out using the direct observation method with the stages of identifying student needs, designing, socializing activities, implementing activities, and evaluating training activities with an andragogical approach in guiding students to recognize and know the elements in Canva as well as practicing directly how to design posters, brochures and calendars. The results of service in graphic design training are the high level of student participation in the training, the level of satisfaction and effectiveness of the participants, as well as the positive impact felt by the students during the training.  It is hoped that this service can continue and develop at SMAN 2 Rantau Utara.

Keywords: Training, Graphic Design, Canva

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, P. N., & Wijaya, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 123-135.

Hutabarat, J. M., & Simanjuntak, T. R. (2021). Implementasi Desain Grafis dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 75-89.

Kemendikbudristek. (2023). Merdeka Belajar: Profil Pelajar Pancasila dan Literasi Digital. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Muhamad Rodi. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BERBASIS WEB. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 10-22.

Nurhayati, R., & Sari, M. P. (2021). Pelatihan Desain Grafis untuk Siswa Sekolah Menengah: Studi Kasus di Sekolah Negeri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 33-47.

Pratama, A. R., & Hapsari, T. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 45-58.

Siregar, M. L., & Hidayati, L. (2020). Peran Desain Grafis dalam Pendidikan. Jurnal Komunikasi Visual, 12-23.

SMA Negeri 2 Rantau Utara. (2024). Laporan Kegiatan Sekolah Tahun Ajaran 2023/2024.

Wisnu Siwi Satiti, d. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva. INFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 105 - 109.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v5i2.7332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.