IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Vol 5, No 1

PENINGKATAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BERBASIS WEB MELALUI PELATIHAN CANVA

Muhamad Rodi, Khairul Imtihan, Mardi Mardi, Wire Bagye

Abstract


Kemajuan teknologi digital telah menciptakan kebutuhan akan keterampilan desain grafis yang relevan dengan tuntutan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan desain grafis berbasis web menggunakan Canva dalam meningkatkan keterampilan teknis, efisiensi, dan kreativitas siswa di STMIK Lombok. Program pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, dengan melibatkan tujuh siswa dalam program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan teknis siswa, dengan rata-rata nilai posttest 25 poin lebih tinggi dibandingkan pretest. Peserta juga menunjukkan peningkatan efisiensi, di mana waktu pengerjaan desain berkurang hingga 50%. Selain itu, kreativitas siswa dalam menghasilkan desain grafis berbasis web terasah melalui eksplorasi fitur Canva, seperti elemen animasi dan tipografi modern. Pelatihan ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran, mendorong kesiapan kerja siswa, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Namun, tantangan seperti pemahaman fitur kompleks Canva dan keterbatasan waktu pelatihan perlu menjadi perhatian. Studi ini menyoroti pentingnya pelatihan berbasis teknologi modern dan menawarkan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang dari pelatihan serupa terhadap pengembangan profesional siswa.