TEKNIK DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET HEMAT SEMBAKO DAN KEBUTUHAN HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS DI ULFAMART LUBUK ALUNG)

Syaiful Zuhri Harahap, Amelia Nastuti

Abstract


Dalam  sebuah  bisnis,  diperlukan  upaya  memaksimalkan  keuntungan.Diantaranya dengan melakukan promosi.Minimarket Ulfamart belum melakukan inovasi berupa promosi paket  hemat  kepada  pelanggan.Ketepatan  promosi  dapat  dipelajari  dari  database  sebuah perusahaan ritel utamanya pola belanja pada produk yang biasa dibeli bersamaan. Informasi tentang pola belanja pelanggan yang tidak akurat menyebabkan kebijakan promosi tidak tepat dan efisien.Salah satu upaya lazim untuk memperoleh dan menggali pola belanja pelanggan adalah menggunakan data mining yang dikenal sebagai Knowledge Discovery in Database(KDD).Salah satu teknik data mining adalah Association Rule yang merupakan prosedur dalam Market Basket Analysis.Market basket didefinisikan sebagai suatu itemset yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan dalam suatu transaksi.Market basket analysis adalah suatu alat yang ampuh untuk strategi cross-selling.Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian).Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) digunakan untuk membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data dengan menerapkan struktur data Tree atau disebut dengan FP-Tree.Implementasi menggunakan RapidMiner untuk membantu menemukan pola yang akurat sehingga didapatkan kombinasi item yang dapat dijadikan sebuah paket hemat.

 

Kata kunci :data mining, aturan asosiasi, fp-growth, fp-tree, analisis keranjang belanja

 

Abstract

In a business, it takes effort to maximize profits. Among them by doing promotions. Minimarket Ulfamart has not done innovation in the form of promotion of frugal packages to customers. The precision of promotion can be learned from the database of a retail company primarily  shopping  patterns  on  products  commonly  purchased  simultaneously.  Information about inaccurate customer spending patterns results in inaccurate and efficient promotional policies. One of the most common attempts to acquire and explore customer spending patterns is to use data mining known as Knowledge Discovery in Database (KDD). One of the data mining techniques is the Association Rule which is a procedure in Market Basket Analysis. Market basketball is defined as an itemset purchased simultaneously by the customer in a transaction. Market basket analysis is a powerful tool for cross-selling strategies. A pattern is determined by two parameters, namely support (value of support) and confidence (value of certainty). The Frequent Pattern Growth (FP-Growth) algorithm is used to help find some association rules from the database by applying a Tree Tree structure or called FP-Tree. Implementation using RapidMiner to help find accurate patterns to get a combination of items that can be used as a frugal package.

 

Keywords: data mining, association rule mining, fp-growth,fp-tree,market basket analysis.


Full Text:

PDF

References


Bi Dan, Thanh Thi et al (2015).“Implementasi Iterative Dichotomiser 3 Pada Data Kelulusan Mahasiswa S1 di Universitas Sebelas Maretâ€.Jurnal ITSMART, Volume 4, Nomor 2, Desember 2015.

Dwi Meilani, Budanis dan Muhammad Asadulloh.“Data Mining untuk Menggali Pola Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Frequent Pattern Growth (Studi Kasus : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)â€.Jurnal ITATS. Diambil dari: jurnal.itats.ac.id/wp- content/.../11/jurnal-Budanis-kirim- itats2.pdf (24 mei 2017)

Kurniawati, Anis (2014). “educational data mining (konsep dan penerapan)â€.Jurnal Teknologi Informasi Vol. 4 No. 2, 2013

Marisa, Fitri (2013). “Pemetaan Pola Hubungan Program Studi Dengan Algoritma Apriori – Studi Kasus Spmu Unnesâ€.Edu Komputika Journal, Volume 1, Nomor 1,2014

Mehay, Ankur et al (2013). “AnalyzeMarket Basket Data using FP-growth and Apriori Algorithmâ€.International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication, Volume: 1 Issue: 9, 2013

Neesha, Sharma dan Chander Kant Verma (2014).“Association Rule Mining: An Overviewâ€.IJCSC, Volume 5, Number 1, Maret 2014.

Nurani dan Hamdan Ghani (2017),

“Analisis Keterkaitan Data Transaksi Penjualan Buku Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma Centroid Linkage Hierarchical Method (Clhm)â€.ILKOM Jurnal Ilmiah. Volume 9, Nomor 1, April 2017

Rahmat, Brilian(2017).“Implemetasi K- Means Clustering pada Rapidminer untuk Analisis Daerah Rawan Kecelakaanâ€,Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017

Santony, Julius(2012).“Implementasi Data Mining dengan Metode Market Basket Analysisâ€,Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 5 No. 2

September 2012

Tampubolon, Kennedy et al, (2013).“Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatanâ€.Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI). Volume

, nomor 1, Oktober 2013

Venkatachari, Khavita &Issac Davanbu Chandrasekaran, (2016). “Market Basket Analysis Using FP Growth and Apriori Algorithm: A Case Study of Mumbai Retail Storeâ€.BVIMSR’S Journal of Management Research, Vol. 8

Issue- 1 : april : 2016

Yanto, Robi dan Riri Khoiriah, (2015).“Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obatâ€. Citec Journal, Volume 2, Nomor 2, April 2015

Yi Zeng et al, (2015).“Research of

Improved FP-Growth Algorithm in Association Rules Miningâ€.Hindawi Publishing Corporation Scientific Programming, Volume 2015

Amelia Nastuti, Syaiful Zuhri Harahap. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma FpGrowth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung), 7(3), 111–119.

Amelia Nastuti, Syaiful Zuhri Harahap. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma FpGrowth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung), 7(3), 111–119.

Amelia Nastuti, Syaiful Zuhri Harahap. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma FpGrowth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung), 7(3), 111–119.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v7i3.1381

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418