SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO R2 COLLECTION DI RANTAUPRAPAT BERBASIS WEB

Rosnah Ritonga, Muhammad Halmi Dar, Iwan Purnama

Abstract


R2 Collection merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pakaian wanita dan laki-laki,  sistem penjualan pada Toko R2 yaitu setiap pembeli harus mendatangin langsung toko tersebut, selain itu dalam proses pembuatan laporan dan pencatatan barang belum terorganisir dengan baik  sehingga mengakibatkan penumpukan barang  dan hilang nya data transaksi-transaksi  penjualan, maka diperlukan suatu sistem modern yang sangat sesuai untuk mendukung kemajuan dan perkembanan perusahaan, sehingga dapat mengatasi permasalahan atau kendala pada sistem yang sedang berjalan. Dalam hal ini guna memaksimalkan sistem yang ada digunakanlah rancangan menggunakan bahasa UML (Unified  Modelling Language) dan diimplementasikan dengan menggunakan PHP, Xampp,Web Server dan MySQL. Dengan memanfaatkan sistem yang sedang diusulkan ini secara tepat, pengawasan atau kontrol terhadap pemrosesan penjualan menjadi lebih baik dan mudah dalam melakukan penjualan barang maupun pencatatan penerimaan barang.

 

Kata Kunci : Sistem, Informasi, e-commerce, Bahasa UML, PHP, MySQL.

Full Text:

PDF

References


J. O. Sembiring, U. Santo, T. Sumatera, J. Setiabudi, and N. F. Tanjungsari, “Sistem Informasi Penjualan Barang dan Jasa pada Studio Photo Topaz Hexagon Medan Berbasis Web,†vol. 2, no. 2, pp. 153–160, 2017.

R. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,†Simp. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., pp. 175–183, 2014.

Christian Putri, Ed., Analisis Sistem Informasi. Tata Sutabri, 2012.

A. Prasetyo and S. Rahel, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar,†Sist. Inf. Penjualan Berbas. Web Pada PT. Cahaya Sejah. Sentosa Blitar, vol. 10, no. 2, pp. 1–16, 2016.

Membangun website tanpa modal menggunakan CMS Wordpress beserta domain dan hosting gratis. Andi, 2010.

I. Purnama et al., “Sistem Informasi Kursus IBAY Komputer Berbasis Web dan Mobile Android,†vol. 05, no. 01, pp. 23–31, 2019.

S. Haryanti and T. Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus,†Jornadas GESCO, 13., 2003, Montevideo, Uruguay., vol. 3, no. 1, pp. 8–14, 2003.

A. Hendini, “PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK),†J. KHATULISTIWA Inform., vol. IV, no. 2, pp. 107–116, 2016.

I. Purnama, “APLIKASI PEMESANAN KULINER HALAL RANTAUPRAPAT BERBASIS,†vol. 6, no. 3, pp. 7–13, 2018.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v7i3.1382

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418