SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUSKESMAS TANJUNG MEDAN KAB. LABUHANBATU SELATAN BERBASIS WEB

Musthafa Haris Munandar, Masrizal Masrizal

Abstract


Sistem informasi pada puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat mempunyai beberapa kegiatan,
antara lain pendaftaran pasien, rekam medis pasien, pelayanan pasien, antrian, dan pelaporan.
Tujuan dari pembuatan sistem informasi pelayanan kesehatan ini untuk membantu kinerja petugas
dan dokter pada puskesmas, seperti pencarian data pasien, menambahkan rekam medis, dan
pembuatan laporan . Misalnya, mengatasi sitem informasi manajemen pada pendaftaran pasien
yang selama ini masih menggunkan sistem penulisan, dan pencatatan pada pasien berobat setiap
harinya. Puskesmas Tanjung Medan Kec. Kampung Rakyat Kab. Labuhanbatu Selatan, merupakan
salah satu Puskesmas yang masih menggunakan sistem pencatatan dan pendaftaran pasien yang
tidak terkomputerisasi. Sistem informasi ini menerapkan model waterfall dalam pembangunannya,
dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySql. Perancangan program
yang akan dikerjakan, dengan acuan program yang dibuat menggunakan metode UML (unifed
Modeling Language). Dengan adanya website ini agar mempermudah Puskesmas dalam
meningkatkan pelayanannya, terutama dalam bidang pendaftaran pasien dan mempermudah
masyarakat dalam mendapat informasi pelayanan-pelayanan yang telah tersedia oleh Puskesmas
Tanjung Medan.
Kata kunci : Sistem Informasi, Pasien, website

References


“1) , 2),†pp. 53–57, 2017.

J. Bianglala and I. Vol, “Kata Kunci : puskesmas, rawat jalan , sistem informasi 1.1.,†vol. 3, no. 1, pp. 28–34, 2015.

A. Rochman and Z. Hakim, “Perancangan Sistem Informasi Profile dan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada RSIA Pratiwi,†vol. 8, no. 2, pp. 123–129, 2018.

A. Firman, H. F. Wowor, X. Najoan, J. Teknik, E. Fakultas, and T. Unsrat, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web,†vol. 5, no. 2, 2016.

R. Aisyah et al., “SISTEM INFORMASI DATA GURU MDTA PADA KANTOR KESRA SETDAKAB,†vol. 5, no. 2, 2017.

J. Sundari, “Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web,†vol. 2, no. 1, pp. 44–49, 2016.

H. Oktafia, L. Wijaya, K. Lubuk, K. Kec, L. Selatan, and I. K. Lubuklinggau, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Mobile,†vol. 06, no. September, pp. 80–85, 2017.

R. P. Hastanti, B. Eka, P. Indah, and U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,†vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2015.

J. William, J. Pengabdian, K. Masyarakat, and F. I. Komputer, “SISTEM INFORMASI UKM BERBASIS WEBSITE PADA DESA SUMBER JAYA,†Sist. Inf. UKM Berbas. WEBSITE PADA DESA SUMBER JAYA, vol. 01, no. 1, pp. 1–16, 2015.

S. Tinggi, M. Informatika, S. Dumai, J. Utama, and B. Ii, “APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENERIMAAN SISWA BARU DI SMK NEGERI 1 RUPAT BERBASIS WEB,†vol. 9, no. 2, pp. 15–24, 2017.

P. Andrianto, “Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas,†vol. 2017, pp. 47–52, 2017.

D. Syifani and A. Dores, “KELURAHAN GUNUNG,†vol. 9, no. September 2018.

Y. Wisda, T. Arif, A. B. Saputra, F. I. Kesehatan, U. Duta, and B. Surakarta, “MANAJEMEN PUSKESMAS,†pp. 78–83, 2014.

I. P. Agus and Y. Permana, “Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Praktik Dokter Berbasis Web,†pp. 127–133.

Syaiful Zuhri Harahap and Samsir, “APPLICATION DESIGN THE DATA COLLECTION FEATURES OF THE HOTEL SHADES OF RANTAUPRAPAT USING VBNET,†International Journal Of Science, Technology & Management, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Jun. 2020.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i2.1426

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418