SYSTEM IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY APPLICATION IN STUDENT WORKSHEET

Dadan Sumardani, Rahma Rosaliana Saraswati, Agustiani Putri, Fauzi Bakri, Dewi Muliyati

Abstract


Augmented Reality hadir sebagai teknologi berkembang yang memiliki potensi pedagogis yang besar. Pemanfaatan teknologi ini sangat masif dikembangkan dalam pratikum. Fisika adalah mata pelajaran yang memerlukan praktikum agar siswa memahami esensi fisika. Masalah yang diangkat dalam penulisan penelitian ini adalah bagaimana implementasi sistem augmented reality pada lembar kerja peserta didik. Oleh sebab itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah membuat aplikasi Augmented Reality pada LKPD materi kaidah tangan kanan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Augmented Reality untuk membantu guru dalam memandu siswa dan membantu siswa dalam memahami materi fisika. Dari hasil pengujian black box testing, didapatkan hasil pengujian bahwa persentasi keberhasilan sistem aplikasi sebesar 100% yang mengindikasikan bahwa aplikasi telah berfungsi dengan baik pada penggunaan di smartphone. Sehingga aplikasi ini sudah dapat digunakan pada pengguna dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Bakri, F., Sumardani, D., & Muliyati, D. 2019). Integrating Augmented Reality Into Worksheets: Unveil Learning To Support Higher-Order Thinking Skills. AIP Conference Proceedings 2169, 020012.

Bakri, F., Sumardani, D & Muliyati, D. (2019). The Augmented Reality Application for Simulating Electromotive Force Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6).

Bakri, F., Sumardani, D & Muliyati, D. (2019). The 3D Simulation of Lorentz Force Based on Augmented Reality Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6).

Hayat, M. S., & Anggraeni, S. (2011). Sikap Ilmiah Siswa Praktikum Based Learning On Invertebrate Concept To Students’ Scientific Attitude Development. Jurnal Penelitian, 02.

Hidayat, F. (2018). Anies Baswedan: Mutu pendidikan Indonesia gawat darurat. Retrieved from https://www.merdeka.com/peristiwa/anies-baswedan-mutu-pendidikan-indonesia-gawat-darurat.html, on 3 July 2019.

Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Skripsi. IAIN Walisongo.

OECD. (2015). Programme for International Student Assessment 2015: Results in Focus. Retrieved from www.oecd.org/pis. January 1, 2019.

Nincarean, D. et al. (2013). Mobile Augmented Reality: The Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103. 657–664.

Pressman, Roger S., P. D. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7. Yogyakarta: Andi Offset.

Pyatt, K., & Sims, R. (2012). Virtual and Physical Experimentation in Inquiry-Based Science Labs. J Sci Educ Tech. 21, 133–147.

Ramos, J. (2013) ‘Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis.’, International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, (4), pp. 48–60.

Srisawasdi, N., & Kroothkeaw, S. (2014). Supporting Students’ Conceptual Development of Light Refraction by Simulation-based Open Inquiry with Dual-situated Learning Model. J. Comput. Educ., 1(1), 49–79.

Sumardani, D., Midaraeni, I., Sumardani, N. I. (2019). Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Relativitas Khusus Berbasis Google Cardboard pada Smartphone Android. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 309-321.

Taşlıdere, E. (2015). A Study Investigating the Effect of Treatment Developed by Integrating the 5E and Simulation on Pre-service Science Teachers’ Achievement in Photoelectric Effect. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 1–16.

Yusniawati, I. (2011). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karanganyar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1449

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418