APLIKASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA UPI CONVENTION CENTER DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN MYSQL

Syaiful Zuhri Harahap, Muhammad Halmi Dar

Abstract


Pada teknologi informasi yang semakin cepat seperti saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus maju dengan pesatnya. Hal ini menuntut setip usaha menajual jasa atau barang harus berpikir lebih untuk dapat bersaing dalam merebut para konsumen, dengan layanan yang baik untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Hal ini telah mendorong berbagai perubahan–perubahan yang selalu sesuai dengan teknologi informasi, perubahan-perubahan tersebut perlu dikaji dan dianalisa oleh perusahaan–perusahaan supaya dapat menjalankan roda usahanya. Salah satunya pemanfaatan kemajuan teknologi komputer yang pada masa sekarang maupun yang masa akan datang sangat dibutuhkan, karena disadari bahwa komputer merupakan alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia secara cepat dan akurat. Suatu pekerjaan yang memakan waktu berhari-hari atau pekerjaan yang berulang-ulang dengan jumlah yang cukup besar dan menyita waktu dan biaya, oleh komputer dapat dilaksanakan beberapa menit saja. Disamping itu komputer juga dapat menyimpan data, memperbaiki data dan mengambil informasi yang dibutuhkan, data atau informasi tersebut disimpan dalam bentuk file, adanya alat bantu komputer tersebut maka pemecahan masalah akan dapat diatasi.

Kata kunci : Aplikasi, Sistem Informasi, Pemesanan, UPI Convention Center, PHP, MySql

In the increasingly fast information technology as it is today the development of science and technology continues to advance rapidly. This requires every business selling goods or services must think more to be able to compete in seizing consumers, with good service to be able to win market competition. This has led to various changes that are always in accordance with information technology, these changes need to be reviewed and analyzed by companies so that they can run their business. One of them is the utilization of computer technology advances, which are now and in the future are very much needed, because it is realized that computers are a tool in completing human work quickly and accurately. A job that takes days or repetitive jobs with a large enough amount and takes up time and money, by the computer can be done in just a few minutes. Besides that the computer can also store data, improve data and retrieve the information needed, the data or information is stored in the form of files, the existence of these computer aids will solve the problem can be overcome.

Keywords: Application, Information System, Ordering, UPI Convention Center, PHP, MySql

 


Keywords


Application, Information System, Ordering, UPI Convention Center, PHP, MySql

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2005.Analisa dan desain. Yogyakarta:Andi.

Basuki,Achmad. Graphic User Interface (GUI). E-book.

Munawar. 2005. Permodelan Visual dengan UML. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Jogiyanto. 2008. Sistem Teknologi Informasi Edisi III. Yogyakata: Andi

Kadir, Abdul. 2010. Mudah Mempelajari Database MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Hartono, Jogiyanto, M.B.A,Ph.D. 2000. “Pengenalan Komputer edisi ketiga cetakan Keduaâ€. ANDI, Yogyakarta.

Heryanto, Imam. & Raharjo, Budi .2007. “Mudah Belajar PHP†Bandung. Informatika.

Jogiyanto H.M .2005 . “Analisa dan Disain Sistem Informasiâ€. Yogyakarta. Andi Offset,

Jogiyanto H.M. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi Offset

Kadir, Abdul. 2010, “Mudah Mempelajari Database MySQLâ€. Yogyakarta : Penerbit Andi

Nugroho, Adi. 2011, “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Dataâ€. Yogyakarta : Penerbit Andi

Sariadin Siallagan. 2009, Pemograman PHP Dasar-dasar Pengenalan & Pemahaman, Yogyakarta : Andi Offset

Witarto. 2005. Memahami Sistem Informasi. Bandung : Informatika




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v6i3.1620

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418