RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS PADA UNIVERSITAS LABUHANBATU

Iwan Purnama, Syaiful Zuhri Harahap, Ali Akbar Ritonga

Abstract


Sampah merupakan masalah primer yang berakibat tidak baik terhadap lingkungan. Tidak terkontrolnya kondisi tong sapah penuh serta kurangnya kepedulian setiap orang untuk membuang sampah pada tempatnya bahkan mengolah atau mendaur ulang sampah tersebut menjadi salah satu penyebabnya. Mahasiswa merupakan generasi penerus yang memiliki peran penting untuk selalu menjaga lingkungan agar tidak tercemar oleh sampah, sehingga sangat tepat untuk membiasakan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini mendorong pelaksana untuk membuat Tong Sampah Pintar yang dapat berperan sebagai pengingat atau pemberi informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada mahasiswa di lingkungan Universitas Labuhanbatu. Tong sampah pintar ini dibangun dengan menggunakan sensor-sensor Ultrasonic yang bekerja secara otomatis dengan keluaran otomatis membuka dan menutup tutup tong sampah yang diproses pada Arduino. Dengan sistem yang dibangun diharapkan dapat menjadi sarana edukasi kepada mahasiswa akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya dengan daya tarik sistem pada tong sampah pintar.

Kata kunci :  Arduino, Tong Sampah, Ultrasonic, Kebersihan


References


A. Kahfi, “Tinjauan Terhadap Pengelolaan Sampah,†Jurisprud. Jur. Ilmu Huk. Fak. Syariah dan Huk., vol. 4, no. 1, p. 12, 2017, doi: 10.24252/jurisprudentie.v4i1.3661.

R. D. Harahap, “Pengaruh Sampah Rumah Tangga Terhadap Pelestarian Lingkungan Ditinjau Dari Aspek Biologi Di Komplek Perumahan Graha Pertiwi Kel. Urung Kompas Kec. Rantau Selatan Effect of Household Waste Viewed From the Aspect Environmental Conservation Biology in Housin,†Cahaya Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 92–104, 2016, doi: 10.33373/chypend.v2i1.609.

H. D. Ariessanti, M. Martono, and J. Widiarto, “Sistem Pembuangan Sampah Otomatis Berbasis IOT Menggunakan Mikrokontroler pada SMAN 14 Kab.Tangerang,†CCIT J., vol. 12, no. 2, pp. 229–240, 2019, doi: 10.33050/ccit.v12i2.694.

D. Almanda, H. Isyanto, and R. Samsinar, “Perancangan Prototype Pemilah Sampah Organik Dan Anorganik Menggunakan Solar Panel 100 Wp Sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan,†Semin. Nas. Sains Dan Teknol., pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https:http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.

Sukarjadi, D. T. Setiawan, Arifiyanto, and M. Hatta, “Perancangan Dan Pembuatan Smart Trash Bin Berbasis Arduino Uno Di Universitas Maarif Hasyim Latif,†Tek. Eng. Sains J., vol. 1, no. 2, pp. 101–110, 2017.

R. U. Tambunan, S. Suryadi, and I. Purnama, “Perancangan Aplikasi Data Buku Perpustakaan Pada Smk Swasta Al – Azis Berbasis Anroid,†J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 46–52, 2019, doi: 10.36987/informatika.v5i2.729.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i2.1780

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418