PENGARUH ROTASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Raja Saul Marto Hendry

Abstract


Tidak semua pegawai yang bekerja pada sebuah organisasi memiliki  semangat kerja yang tinggi. Rotasi kerja dan lingkungan kerja terjadi karena adanya perputaran (there is a turnaround), atau munculnya perubahan-perubahan posisi pekerjaan lain di antara dua pihak atau lebih. Rotasi kerja sering menimbulkan sikap   tidak puas antara kedua belah pihak sampai kepada tahan dimana pihak-pihak yang terliba tmemandang satu sama lain sebagai penghalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing-masing. Lingkungan kerja merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi pekerjaan, proses berfikir dan kondisi seseorang.Lingkungan yang terlalu luas dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungan sekitar. Lingkungan kerja dirasa penting  dan perlu diperhatikan oleh setiap instansi.Karena Sumber Daya Manusia merupakan faktor dan pemeran utama dalam proses kerja. Rendahnya semangat kerja dari pegawai dalam suatu instansi merupakan gejala dari kurang stabilnya kantor tersebut. Secara keseluruhan populasi dan sampel adalah seluruh pegawai kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Utara berjumlah 30 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel rotasi kerja secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap semangat kerja. Secara serempak variabel rotasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja. Variabel dependen (semangat kerja) dapat dijelaskan melalui variabel independen ( rotasi kerja dan lingkungan kerja ). Sedangkan sisanya 54 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.


Keywords


(Rotasi Kerja; Lingkungan Kerja; Semangat Kerja).

Full Text:

PDF

References


Septina Mukaromah . 2009 Terhadap Peningkatan Produktivitas Karyawan Pada Cv Codo Wajak Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Ips Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Edy Sutrisno, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Kencana Pernada Media Group.

Tarus, Benjamin K. 2014. Effects of Job Rotation Strategy on High Perfromance Workplace, in Lake Victoria North Water Services Board.Kenya : Department of Business and management sciences University of Eldoret.

Lie, Anriani 2013.Analisis Pengaruh Rotasi Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah.Skripsi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Keymaz, Kurtulus. 2010. “The Effects of Job Rotation Practices on Motivation: A Research on Managers in the Automotive Organization. Bussines and Economics Research†Journal Vol, 1, No.3 2010.

Siti Solikah, Lulus. 2016, RotasiKerja :Indikator Rotasi Pekerjaan dan variabel rotasi pekerjaan. Fakutas Ekonomi dan bisnis islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Purwanto. 2010. Peningkatan Kemahiran Menulis Text Berita dengan Menggunakan tehnik Jigsaw siswa kelas VIII (madrasah Tsanawiyah miftah ululum tanjung pinang, Jurnal .umrah.ac.id>2015/ 09 > Binder1.

Alex S. Nitisemito, 2010. Manajemen Personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencara Prenada Media Group.

Hasibuan, Melayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT Bumi Aksara.

S.P, Hasibuan, Melayu. 2013. Manajemen SumberDaya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v5i1.1858

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418