Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Kepada Konsumen Dengan Jaminan BPKB Sepeda Motor Di Kios PT. FIF Negeri Lama Dengan Methode Analytic Hierarchi Process ( AHP)

Sahat Parulian Sitorus

Abstract


Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan, diantara berbagai alternatif aksi yang bertujuan untuk memenuhi satu atau beberapa sasaran.Sistem pengambilan keputusan memiliki 4 fase,yaitu intelligence, design,choice, dan implementation. Fase 1 sampai 3 merupakan dasar pengambilan keputusan, yang diakhiri dengan suatu rekomendasi. Konsep sistem pengambilan keputusan (SPK)yang berkembang pesat menimbulkan beberapa metode untuk menciptakan pemodelan sebagai sarana pengambilan keputusan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah suatu metode yang berperan pada masalah kompleks dimana seorang pengambil keputusan berusaha menyederhanakan masalah-masalah rumit sampai pada tingkat dimana dia siap untuk memahaminya. Perusahaan ataupun instansi baik swasta maupun negri membutuhkan sebuah alat bantu yang mempermudah dalam pengelolahan dalam hal pengambilan keputusannya.


Keywords


SPK, AHP, FIF

Full Text:

PDF

References


Andi, 2011. Microsoft Visual Basic 2010 & MySQL. Semarang:Wahana Komputer

Budi Sutedjo Dharma Oetama, 2006. Perncanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Ed.II. Yogyakarta:Andi

Dunkan Mackenzi, Kent Sarkey, 2004. Belajar Sendiri Dalam 21 Hari Visual Basic.Net, Ed.I. Yogyakarta:Andi

Ivan Arifard Watung, et.all, 2014.Perancangan Sistem Informasi Data Alumni Fakultas Teknik UNSRA Berbasis Web, e-jurnal teknik elektro dan komputer. ISSN:2301-8402

Kusrini, 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Ed.I. Yogyakarta:Andi

Tata Sutabri, 2012. Analisis Sistem Informasi, Ed.I. Yogyakarta:Andi

Laporan Tahunan PT.FIF, 2014




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v9i1.1946

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418