KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN DARI SETIAP JENIS STRUKTUR ORGANISASI

Sumitro Sumitro

Abstract


Perusahaan pada umumnya memiliki beberapa bagian, yaitu bagian produksi, bagian
keuangan, bagian sumber daya manusia, bagian penelitian dan pengembangan, dan bagian
administrasi. Masing-masing bagian melaksanakan kegiatan yang berbeda satu sama lain, tetapi
saling berhubungan. Semua kegiatan dari tiap bagian harus terkoordinir untuk mencapai tujuan
perusahaan secara keseluruhan. Untuk menciptakan koordinasi dalam perusahaan perlu diciptakan
wadah yang dapat menjembatani semua bagian perusahaan yaitu “struktur organisasiâ€. Struktur
organisasi mempunyai garis hubungan antara tugas atasan dan bawahan dan didalamnya mencakup
hubungan antara tugas, wewenang dan tanggung jawab dari setiap bagian.
Penggunaan Struktur Organisasi Lini dan Staff dan Struktur Organisasi Fungsional, sebab
sangat cocok untuk perusahaan besar dengan tingkat pekerjaan yang banyak dan struktur organisasi,
susunan organisasi, tata kerja, tugas, wewenang, dan tanggung jawab telah ditetapkan dengan jelas,
sehingga sangat efektif dan efisien karena setiap bagian disusun berdasarkan kebutuhan perusahaan.
Penggunaan koordinasi Intren dan Koordinasi Fungsional Intern – Ekstren, dengan
hubungan koordinasi yang dapat menjangkau semua lini perusahaan serta lingkungan yang
harmonis, menciptakan suasana kerja yang baik, sehingga mendorong karyawan untuk melaksanakan
tugas secara maksimal.


Full Text:

PDF

References


Amin Widjaya Tunggal, 1993. Manajemen Suatu

Pengantar, Cetakan Pertama, Jakarta :

Penerbit Rineka Cipta.

Edwin B. Flippo, 1995. Manajemen Personalia,

Edisi Keenam, Jilid I, Jakarta :

Penerbit Erlangga.

Gibson, Ivancevich, Donnelly, 1996. Organisasi,

Edisi Kedelapan, Jilid Kedua,

Jakarta : Binarupa Aksara.

Harold Koontz, Cyril O’ Donnel, Heinz Weihrich,

Prinsip-Prinsip Manajemen,

Terejemahan M. Ridwan, Jakarta : Penerbit

Bharata

James A.F. Stoner, 1994. Manajemen, Edisi

Kedua, Cetakan Kelima, Jakarta :

Penerbit Erlangga.

Mulia Nasution, 1996. Pengantar Manajemen,

Jakarta : Penerbit Djambatan.

Sarwoto, 1991. Dasar-Dasar Organisasi dan

Manajemen, Cetakan Kedelapan,

Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sentanoe Kartanegoro, 1985. Prinsip dan Tehnik

Manajemen, Cetakan Kedua,

Yogyakarta : Penerbit Ananda.

Sutarto, 1991. Dasar-Dasar Organisasi, Cetakan

Keempatbelas, Yogyakarta : Penerbit

Universitas Gajah Mada Press.

T. Hani Handoko, 1991. Manajemen, Edisi Kedua,

Cetakan Pertama, Yogyakarta :

BPFE.

Winardi, 2000. Asas – Asas Manajemen, Cetakan

Kedua, Bandung : Penerbit Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v2i2.198

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418