Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Malahayati Medan

Zahara Meutia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Malahayati Medan. Jenis penelitian adalah eksplanatori dan penelitian ini juga merupakan penelitian asosiatif. Data pada penelitian ini mengunakan data primer berupa kuesioner dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari internet, buku, dan jurnal. Populasi pada penelitian ini berjumlah 101 orang yang merupakan seluruh perawat RS Malahayati. Sampel berjumlah 51 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Uji hipotesis menggunakan uji F, uji (R2), dan uji t dengan taraf α = 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa Keselamatan dan Kesehatan kerja memiliki kaitan yang erat dengan Kinerja karyawan pada RS Islam Malahayati sebesar 0,742. Bedasarkan koefisien determinasi (R2) 53,3% kedua variabel ini mampu mempengaruhi kinerja karyawan dan memiliki pengaruh positif dan signifikan.Uji F menunjukan kesehatan dan keselamatan kerja secara bersama- sama mempengaruhi kinerja karyawan secara positif dan signifikan. Uji t bahwa hanya Kesehatan kerja yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Keselamatan Kerja, Kesehatan kerja dan Kinerja karyawan.

Full Text:

PDF

References


Aditama, Tjandra Yoga, dan Hastuti, Tri. 2002. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kumpulan Makalah Seminar K3 RS Persahabatan 2000 & 2001, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Arikunto. Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu. 2007 Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Mathis, Robert L dan Jackson John H.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, A.A. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mondy, Wayne.2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Erlangga Nugroho, A.B. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pratisto, A. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12. PT Alex Media Komputindo, Jakarta.

Ridley, J. (2003).Keselamatan dan kesehatan kerja sebuah ikhtisar. Jakarta:Erlangga.

Santoso, G. 2004. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Suardi, R. 2005. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penerbit PPM, Jakarta.

Sugeng, A.M. 2005. Bunga Rampai Hiperkes & KK Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v9i3.2193

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418