Sistem Pakar Deteksi Digital Kecenderungan Kecanduan Game Pada Remaja Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Yandri Yandri

Abstract


Game menjadi kegemaran setiap orang. Baik anak-anak maupun orang dewasa senang bermain game. Seseorang dapat terus menerus bermain game sampai melupakan waktu bahkan melupakan kondisi lingkungan disekelilingnya. Keseringan dalam bermain game dapat berdampak pada tingkat kecanduan seseorang terhadap game. Sistem pakar ini dirancang dengan beberapa tahapan diantaranya analisa kebutuhan system, desain, coding dan testing. System pakar ini dipresentasikan dalam bentuk aturan dan metode penalaran yang digunakan adalah forward chaining yaitu menarik kesimpulan dari beberapa tingkat kecanduan game yang di dapat dari gejala. Hasil keluaran system berupa tingkat kecanduan game hasil deteksi dan solusi dari deteksi.


Full Text:

PDF

References


Suryani, D., Astiningrum, M., & Ilmi, M. F. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Tingkat Kecanduan Internet Menggunakan Metode Teorema Bayes. Informatika Polinema, 118-124.

Latubessy, A., & Wijayanti, E. (2017). Model Identifikasi Kecanduan Game Menggunakan Backward Chaining. Simetris, 9-14.

Hutahaean, H. D. (2016). Penerapan Metode Case Based Reasoning Dalam Mengindentifikasi Kerusakan Kamera DSLR. Mantik Penusa, 87-90.

Tarigan, P., Tiara, E., & Hutabarat, H. (2018). Perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kanker Tenggorokan Dengan Menerapkan Metode Case Based Reasoning. Pelita Informatika, 83-85.

Febrianti, E. L., & Christy, T. (2017). Penerapan Forward Chaining Untuk Penyakit Malaria Dan Pencegahanya Berbasis Web. Teknologi dan Sistem Informasi, 93-100.

Dessy Sugiharni, G. A., & Hendra Divayana, D. G. (2017). Pemanfaatan Metode Forward ChainingDalam Pengembangan Sistem Pakar PendiagnosaKerusakan Televisi Berwarna. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 20-29.

Septiana, L. (2016). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 89-95.

Egasari, A., Puspitaningrum, D., & Prawito, P. (2017). Sistem Pakar Identifikasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Perkebunan Di Provinsi Bengkulu Dengan Metode Bayes Dan Inferensi Forward Chaining. Rekursif, 134-146.

Putri, A. E., Satya, B., & Seniwati, E. (2018). Implementasi Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Pendiagnosis Gangguan Antesias. Jurnal Mantik Penusa, 9-14.

Prasetiawan, H. (2016). Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. Journal of Guidance and Counseling, 28-36.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v10i1.2411

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418