Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Untuk Satuan Kerja Intelkam Polres Labuhanbatu Berbasis Web

Devita Nurjannah

Abstract


Pada zaman yang semakin maju dan perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, teknologi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan serta dirancang untuk dapat mengendalikan berbagai macam pekerjaan yang tentunya dapat mengolah data yang banyak sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan hasilnya akan benar, akurat, cepat serta akan dapat membantu instansi pemerintah ataupun swasta dalam menunjang kegiatan operasional nya termasuk dalam pengelolaan keuangan. Tujuan dalam penelitian adalah untuk dapat merancang Sistem Informasi pengolahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk satuan kerja Intelkam Polres Labuhanbatu berbasis web sehingga dapat membantu kerja operasional terutama dalam menglah data keuangan menjadi lebih efektif dan efesien.DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) yaitu suatu data-data atau dokumen pelaksanaan anggaran yang telah disusun oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran yang telah disahkan atas nama Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) yg berlaku untuk satu tahun Anggaran berfungsi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran.


Keywords


Sistem informasi, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)

Full Text:

PDF

References


Y. K. Koni, “Penerapan Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pemolisian Masyarakat Dalam Penegakan Hukum Di Provinsi Gorontalo,†Kertha Patrika, vol. 41, no. 1, p. 52, 2019, doi: 10.24843/kp.2019.v41.i01.p05.

A. Wahyurudhanto, V. Mayastinasari, and I. Pendahuluan, “Revitalisasi Kinerja Fungsi Intelijen Keamanan Polri *.†2015.

F. Ayu and N. Permatasari, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian,†Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018.

Ariawan, Buku Ajar Sistem Informasi Manajemen, vol. 1. 2009.

M. K. Rini Asmara, S.Kom, “SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENANGGULANGAN BENCANA PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PADANG PARIAMAN,†vol. 3, no. June, 2016.

Yulia and R. Fauzi, “DIKTAT KULIAH Universitas Putera Batam,†2018.

E. P. Purba, Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Meggunakan Php dan MySql pada Yayasan Perguruan Budi Insani Medan. 2016.

R. V Palit, Y. D. Y. Rindengan, and A. S. M. Lumenta, “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang,†E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 4, no. 7, pp. 1–7, 2015.

D. Pranata and D. M. K, “RANCANG BANGUN WEBSITE JURNAL ILMIAH BIDANG KOMPUTER ( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MULAWARMAN ) Jurnal Informatika Mulawarman,†vol. 10, no. 2, pp. 25–29, 2015.

R. D. Setiyadi, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web Studi Kasus PT. Karya Swadaya Abadi,†Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 7, no. 2, p. 30, 2019, doi: 10.33884/cbis.v7i2.1220.

A. Solichin, “MySQL Dari Pemula Hingga Mahir,†Univ. Budi Luhur, Jakarta, no. January 2010, pp. 1–117, 2010.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v10i1.2584

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418