Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Di SMKN 7 Sijunjung

Fira Anjelina, Thomson Mary, Irsyadunas Irsyadunas

Abstract


This “study aims to determine the validity level of valid android-based learning media and to determine the practicality level of practical android-based learning media.  This study uses the Research and Development†“(R&D) method with the development model used, namely the ADDIE development model. The research subjects amounted to 15 people. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale.The results of this study show that the average value of the media expert validity test is 0.80 and the material validity test is 1.04 with the valid category. The teacher's response practicality test showed a value of 97.77% and for the student's response practicality test showed a value of 94.11% with a very practical category. Conclusions based on assessments and input from material experts and media experts as well as the results of trials in the field of Android-based learning media have been tested for feasibility and can be used†as.


Keywords


Media Learning, Android, R&D, ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Andarsyah, R., & Fadilla, R. (2020). Aplikasi Lelang Online Geographic Information System (WEBGIS) Intelligence PT. Pegadaian (Persero) Menggunakan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 1–7. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/868

Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221

Bahan Ajar E-LEARNING (IRSYAD).pdf. (n.d.).

Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291

Chen, H., Xu, H., Yenti Sumarni, Siaha Widodo, A., Pujayanti, D. A., Ishatono, I., Raharjo, S. T., Aristi, N. M., & Pratama, A. R. (2020). Μ 2 -1,2-. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 159. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Irsyadunas, I. (2018). KONTRIBUSI PEMANFAATAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN WEB (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika ITP). Edik Informatika, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.22202/ei.2018.v4i2.2815

Irsyadunas, I., Mary, T., Maizeli, A., & Lina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Sintak Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Mobile. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 46–59. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4845

Kamal, M. (2020). Research and Development (R&D) Tadribat / Drill Madrasah Aliyah Class X Teaching Materialsarabic Language. Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Mulyono, H., Darman, R. A., & Desriwandi, F. (2019). Pengembagan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tik Di Smp N 2 Painan Provinsi Sumatera Barat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 166. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1369

Sari, P. R., Djaja, S., & Kantun, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Sistem Appy Pie Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Untuk Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 2 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 91. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.11005

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA, cv.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v11i2.4229

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418