Analisis Sistem Pelayanan Komplain Air Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kinerja PERUMDA Tirtanadi Cabang Sei Agul

Nabila Tasya Nurhafifah Manurung, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


The motivation behind this research is to find out how clean water dispersion is carried out by the Regional Drinking Water Organization (PDAM Tirtanadi) in Medan Cab Sei Agul City. To find out the supporting and inhibiting elements in the implementation of clean water dissemination organizations (PERUMDA Tirtanadi) Medan Cab sei agul. The distribution of clean water at PERUMDA Tirtanadi Cab Sei Agul in Medan City has made great efforts to improve administrative standards by supplying clean water to customers, as seen from the many exhibitions that have been held to check or repair the damage. took place in the city of Medan. Flow can be managed skillfully and comprehensively. Likewise, there are obstacles in offering the type of assistance and reactions from workers in dealing with problems in the field, which means building how much water is created with the aim that all PERUMDA Tirtanadi clients' needs can be metideally.


Keywords


Strategy, Distribution, Clean Water.

Full Text:

PDF

References


Strategi pengembangan SDM menurut Jons, 1928, dalam Sarwono, 1993

J. Supranto M.A. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Jakarta : PT Renika Cipta

Jadgish dan Milind. 1995. Pelanggan Kunci Keberhasilan. Jakarta : Mitra Utama. Juran J.M. dan Griya, F.M. 1993.

Quality Planning and Analysis. 3 ED. Singapore: Mic-Graw Hill.Inc. J. Supranto M.A. 1997.

Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Jakarta : PT Renika Cipta.

Koesmono, Teman. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, September 2005:171-188.

Sedarmayanti, 1999. Restrukturisasi Dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Mandar Maju. Bandung

Prabu, Anwar. 2005. Pengaruh Motivasi terhadap kepusaan kerja pegawai BKKBN MUARA ENIN.Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 3 No. 6. Desember 2005.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v11i3.5011

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418