UKM GOES DIGITAL : DASAR, KONSEPTUAL DAN PENGEMBANGAN

Suliyanto Suliyanto

Abstract


Salah satu tantangan yang dihadapi bisnis UKM adalah masih lemahnya pengetahuan UKM tentang
pemasaran daring (online), terkendala dengan bahasa internasional, kurangnya netwoking dalam
pemasaran dan masih enggannya untuk mengadopsi teknologi sebagai media pemasaran dikarenakan hal
terebut.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jumlah UMKM di Indonesia
hingga tahun 2013 berjumlah 57.895.721 unit (99,99%), menyumbang untuk PDB (harga konstan)
sebesar 1.536.918,8 Milyar (57,56%) dan menyerap tenaga kerja sebanyak 114.144.082 orang (96,99%)
(Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2012 - 2013, 2013).
Laporan terbaru dari Deloitte (2015), 36 % UKM di Indonesia masih luring, 37% hanya memiliki
kekmampuan online yang sangat mendasar, 18% memiliki kemampuan daring menengah dan 9%
memiliki kemampuan bisnis daring lanjutan dengan kemampuan e-commerce, Data tersebut jelas
menegaskan akan vitalnya peran usaha kecil menengah di Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasional
untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan standart hidup dan daya saing internasional, itulah
sebabnya kebutuhan digital ini merupakan agenda penting bagi pemerintah Indonesia. Rahayu & Day
(2016) menemukan ada enam manfaat pengadopsian e-commerce pada UKM di Indonesia yaitu
''Memperluas jangkauan pasar'', ''meningkatkan penjualan'', ''meningkatkan komunikasi eksternal'',
''meningkatkan citra perusahaan'', '' kecepatan ditingkatkan pengolahan '', dan ''meningkatkan
produktivitas karyawan''. Hasil penelitian Suliyanto & Rahab (2011), menunjukkan bahwa inovasi
memiliki efek pada kinerja bisnis. Orientasi pasar dapat memperkuat orientasi pembelajaran dan inovasi.
Dalam usaha kecil menengah, informasi pasar yang diperoleh dari pelanggan dan pesaing membantu
perusahaan untuk mengawasi pasar. Untuk keunggulan kompetitif yang lebih baik dan kinerja bisnis,
perusahaan harus memiliki kemampuan belajar dan identitas karyawan dengan misi organisasi.
Tujuan dari Special issue ini adalah untuk membawa kualitas penelitian kontemporer secara bersamasama tentang sistem informasi meningkatkan kinerja bisnis UKM dalam konteks pemasaran dengan
tujuan untuk mengatasi tantangan, perkembangan terkini yang menyediakan implikasi manajerial dan
peluang bagi para peneliti di masa depan. Kami menerima untuk kedua manuskrip konseptual dan
empiris yang sesuai dengan lingkup Edisi Khusus ini, dan dengan menggunakan pendekatan metodologis
yang berbeda. Para peneliti dapat menggunakan topik sesuai dengan topik, tetapi tidak membatasi yang
lain juga, atau seperti berikut :
• Kerangka kerja untuk konseptualisasi dan pengukuran sistem informasi manajemen dalam B2B,
B2C, E-Commerce, Internet marketing dan peran Social Media Marketing UMKM di Indonesia
• Pola sistem informasi manajemen dan praktek pemaran UMKM
• Keragaman Budaya dan pola kewirausahawan UMKM
• Pengaruh keterlibatan pemangku kepentingan dalam sistem informasi pemasaran UMKM
• Efektivitas sistem informasi bisnis pada kinerja keuangan UMKM
• Kreativitas dan inovasi sistem informasi manajemen UMKM
• Konsekuensi penggunaan permodalan non dan komersial Bank pada sistem informasi
operasional UMKM
• Strategi dan sistem Informasi UMKM pada pemasaran Internasional

Full Text:

PDF

References


Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2012 - 2013. (2013).

Retrieved from http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/

Deloitte. (2015). Meningkatnya keterlibatan UKM secara digital dapat mengangkat pertumbuhan

ekonomi Indonesia sebesar 2%. Retrieved from www2.deloitte.com/

Rahayu, R., & Day, J. (2016). E-commerce adoption by SMEs in developing countries : evidence from

Indonesia. Eurasian Business Review. http://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6

Suliyanto, S., & Rahab, R. (2011). The Role of Market Orientation and Learning Orientation in

Improving Innovativeness and Performance of Small and Medium Enterprises. Asian Social

Science. http://doi.org/10.5539/ass.v8n1p134




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v5i1.669

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418