ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KABUPATEN LABUHANBATU

Nurintan Aisyah Siregar, Zuriani Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan
terhadap kesejahteraan sosial di Kabupaten Labuhanbatu baik secara parsial maupun simultan. Populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu. Teknik pengambilan sampel dengan
teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan
terhadap kesejahteraan sosial di Kabupaten Labuhanbatu. Sedangkantingkat pendapatan berpengaruh
signifikan terhadap kesejahteraan sosial di Kabupaten Labuhanbatu. Sedangkan secara simultan tingkat
pendidikan dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan sosial di Kabupaten
Labuhanbatu .

Full Text:

PDF

References


Batafor, Gregorius G. 2011. Evaluasi Kinerja

Keuangan dan Tingkat Kesejahteraan

Masyarakat Kabupaten Lembata Nusa

Tenggara Timur. Tesis. Universitas

Udayana, Bali

BPS. 2017 .Labuhanbatu Dalam Angka 2017 . BPS.

Drajat Suhardjo. (2007). Arti Penting Pendidikan

Mitgasi Bencana Dalam Mengurangi

Resiko Bencana. Yogyakarta : Universitas

Islam Indonesia Yoyakarta Press.

Chalid, Nursiah dan Yusbar Yusuf. 2014. Pengaruh

Tingkat Kemiskinan, Tingkat

Pengangguran, Upah Minimum

Kabupaten/Kota, dan Laju Pertumbuhan

Ekonomi terhadap Indeks Pembangunan

Manusia di Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi

Universitas Riau

Harsono. 2011. Etnografi Pendidikan sebagai

Desain Penelitian Kualitatif.Surakarta:

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Endang Mulyani. 2009. Konsumsi Bahan Makanan

Sumber Kalsium pada Remaja Sekolah

Menengah Pertama di Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan

Masyarakat, Prinsip-prinsip Dasar Jakarta

: P.T. Asdi Mahasatya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat

Memberdayakan Rakyat. Bandung :

PT.Refika Pratama

Sukirno, 2006. Makroekonomi: Teori Pengantar,

Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

https://dinikomalasari.wordpress.com/2014/04/07/

defenisi-tingkat-pendidikan




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v6i1.736

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418