JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), Vol 10, No 2 (2024)

Menggunakan Media Uang Mainan dalam Mengenalkan Literasi dan Numerasi Keuangan pada Anak Usia Dini

Nining Apriani, Verawati Verawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa PAUD tentang nilai tukar uang dan masalah yang berkaitan dengan uang, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan media uang mainan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam mengenal literasi keuangan di kelas kelompok B Alkhawarizmi TK IT At Taqwim Kotapinang. Literasi keuangan merupakan kajian keterampilan hidup penting yang harus dikenalkan dan diterapkan sejak usia dini. Selain mengenalkan literasi keuangan, penggunaan uang mainan juga dapat melihat bagaimana konsep-konsep dalam matematika diperkenalkan dan ditingkatkan, mengenalkan nominal angka yang tertera pada uang dan menghitung jumlah nominal uang adalah beberapa cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep uang pada anak usia dini, Anak akan memahami konsep melalui pengalaman bermain dengan benda kongkret dalam hal ini yaitu media uang mainan.