PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI STUDYO MATHS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SD N 2 NGABUL
Muhammad Ali Irkham, Wulan Sutriyani
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana siswa kelas tiga di SDN 2 Ngabul Jepara menggunakan aplikasi Studyo Maths untuk meningkatkan hasil belajar matematika mereka, khususnya di bidang bilangan bulat, yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini membahas rendahnya prestasi matematika di kalangan siswa, yang terkait dengan kurangnya penggunaan sumber belajar yang menarik. Dengan sampel sebanyak 33 siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data, dan SPSS 25.0 digunakan untuk analisis. Nilai tes rata-rata meningkat dari pretest ke posttest, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan program Studyo Maths. Motivasi, keterlibatan, dan pengetahuan konseptual siswa tentang matematika semuanya ditingkatkan oleh aplikasi, yang menggabungkan elemen interaktif dan kegiatan pendidikan. Menurut temuan penelitian, Studyo Maths dapat menjadi pengganti yang kreatif untuk metode pengajaran sekolah dasar tradisional dan meningkatkan hasil belajar dalam matematika.