PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PADA BANK MUAMALAT KOTA PAREPARE

Haslindah Haslindah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan digital marketing secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah pada Bank Mega Kota Parepare.
Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Penentuan sampel ditentukan dengan sampling jenuh (sensus) dan diperoleh sebanyak 60 responden.
Bersumber pada temuan pengujian parsial (uji t) seperti yang terlihat pada tabel 8 memperlihatkan hasil konstan untuk variabel Berwujud (X1) sejumlah 0,130 beserta thitung sejumlah 0,739 < dibanding ttabel 2,004 pada level persepsi yang sangat besar dibanding 0,05 ( sig = 0,463 > 0,05 ). Sehingga ditarik kesimpulan faktor Berwujud (X1) tidak berdampak substansial pada Kepuasan Pelanggan (Y). Angka konstan faktor Kehandalan (X2) sejumlah 0,274 serta thitung sejumlah 1,507 < dibanding ttabel 2,004 pada level persepsi sangat tinggi dibanding 0,05 ( sig = 0,138 > 0,05 ). Maka dapat dikatakan faktor Kehandalan (X2) tidak berdampak substansial pada Kepuasan Pelanggan (Y).Angka konstan untuk faktor Daya Tanggap (X3) sejumlah 0,332 dengan thitung sebesar 2,171 > dibanding ttabel 2,004 pada level persepsi sangat kecil dibanding 0,05 ( sig = 0,034 < 0,05 ). Maka dapat dikatakan faktor Daya Tanggap (X3) berdampak langsung/substansial pada Kepuasan Pelanggan (Y).Angka koefisien untuk faktor Jaminan (X4) sejumlah -0,072 dengan thitung sebesar -0,466 < dibanding ttabel 2,004 dengan level persepsi yang sangat tinggi dibanding 0,05 ( sig = 0,643 > 0,05 ). Maka dapat dikatakan faktor Jaminan (X4) tidak berdampak substansial pada Kepuasan Pelanggan (Y).Sedangkan angka koefisien untuk faktor Empati (X5) sejumlah 0,259 dengan thitung sebesar 1,541 < dibanding ttabel 2,004 dengan level persepsi terlalu tinggi dibanding 0,05 ( sig = 0,129 > 0,05 ). Maka dapat dikatakan faktor Empati (X5) tidak berdampak substansial pada Kepuasan Pelanggan (Y). Temuan penguraian menunjukkan bahwa hasil R Square (R2) sama dengan 0,516 ini menyiratkan jika faktor bebas yaiitu berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan serta empati dapat membenarkan dependennya yakni kepuasan klien dengan 0,516 atau 52%, sedangkan 48% lainnya dijelaskan oleh aspek tambahan adapun tidak disebutkan di model riset kini, antara lain : harga, promosi dan lokasi dan sebagainya.


Keywords


: Berwujud, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, T. (2018). Konsep Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen.

Hasan, S., & Putra, A. H. P. K. (2018). Loyalitas pasien rumah sakit pemerintah: Ditinjau dari perspektif kualitas layanan, citra, nilai dan kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(3), 184–196.

Putra, P. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap. Jurnal Kewirausahaan, 8(1), 70–76.

Putra, P., Tijjang, B., Ali, R., & Muslimin, U. (2022). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Customer Satisfaction Level Analysis to Service Quality Workshop at PT. Hadji Kalla Branch Parepare. 202–209.

Tijjang, B., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2020). Product and Service Quality Towards Customer Satisfaction Refilled Drinking Water in Indonesia. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 90. https://doi.org/10.31332/lifalah.v5i2.2232


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.